Sosiologi

Theory of Moral Panic : Keuntungan ditengah kepanikan masyarakat

Teory Of Moral Panic – Banyak pemberitaan baik itu di media konvensional maupun di media sosial.  Banyak masyarakat disuguhi oleh informasi bahkan pernyataan yang menimbulkan kecemasan dan ketakutan. Misalnya dari pemberitaan tentang covid 19 kemudian ada juga pemberitaan tentang beredarnya obat yang mengakibatkan terjadinya ginjal akut.

Inilah yang kemudian menimbulkan kepanikan serta ketakutan dalam masyarakat. Lalu Bagaimana sebenarnya kita menjelaskan terbentuknya ketakutan dalam masyarakat tersebut?. Dalam artikel Ini kita akan membahas tentang bagaimana sebuah ketakutan masyarakat bisa menjadi keuntungan bagi pihak tertentu melalui perspektif sosiologi.

Pengertian Teory Of Moral Panic

Ada satu teori yang bisa kita pinjam untuk menjelaskan Bagaimana sebuah ketakutan dalam masyarakat bisa tercipta. Teori tersebut adalah Theory of Moral Panic. Teori Ini adalah sebuah teori yang menjelaskan bagaimana sebuah ketakutan terbentuk dalam masyarakat. Hal ini dikemukakan oleh seorang sosiolog berkebangsaan Afrika Selatan bernama Stanley Cohen yang diterbitkan dalam sebuah buku berjudul Fox Devils and Moral Panic buku ini sebenarnya menjelaskan tentang satu fenomena yang terjadi di Inggris.

Pada saat itu ada satu fenomena yang terjadi di mana ada sekelompok subkultur pemuda yang menggemari musik tertentu. Kemudian media massa memberitakan bahwa para pemuda ini menjadi ancaman untuk nilai-nilai atau norma yang ada pada masyarakat Inggris saat itu. Dengan cara ini media ingin menyampaikan kepada masyarakat Inggris bahwa ada sebuah ancaman terhadap norma yang ada dalam masyarakat.

Poin penting dari Theory of Moral Panic adalah ingin menjelaskan bahwa sesungguhnya ketakutan yang tersebar dalam masyarakat itu bukan datang begitu saja. Namun ada proses yang membentuk sebuah stigma tersebut di tengah masyarkat.

Baca Juga : Civil Society : Pengertian, Latar Belakang, dan Karakteristik

Proses Terbentuknya Kepanikan

Bagaimana ketakutan dalam masyarakat bisa terjadi menurut Cohen ada beberapa proses yang menjadi tahapan-tahapan bagaimana ketakutan atau kepanikan terbentuk dalam masyarakat berikut adalah penejalasannya :

  1. Adanya satu persepsi tentang adanya satu ancaman terhadap satu norma sosial dan kepentingan masyarkat luas dan dapat merusak nilai atau norma yang ada masyarakat
  2. Terbentuknya ketakutan dalam masyarakat melalui peran media massa. Sehingga masyarakat dan media massa menggambarkan sesuatu yang mengancam tersebut sebagai hal yang akan mengancam dengan menyimbolkan pada simbol tertentu. Kita bisa lihat pada beberapa media. Bahwa sesuatu yang menakutkan itu kemudian disimpulkan baik dalam bentuk gambar maupun dalam bentuk ucapan atau statement yang menakutkan
  3. Meluasnya keprihatinan publik yang disebabkan oleh media yang menggambarkan suatu peristiwa secara terus-menerus sehingga membuat orang semakin ketakutan dengan apa yang digambarkan oleh media tadi.
  4. Peran dari seorang pemangku kebijakan hal ini mereka biasanya menanggapi pemberitaan yang ada di media sebagai contoh kita bisa aja bisa melihat ketika ada pemberitaan tentang gagal ginjal kemudian ada statement dari para kementrian kesehatan yang merespon pada pemberitaan yang ada di media massa
  5. Adanya tindakan dari pihak atau orang-orang yang berwenang dalam hal ini pemerintah untuk merespon mengomentari serta memberikan klarifikasi apa yang diberitakan oleh media massa.

Aktor Dalam Teory Of Moral Panic

Pengambil Kebijakan

Aktor ini adalah orang yang menjalankan kebijakan seperti pelaku Eksekutif di pemerintahan. Biasanya mereka menjadi aktor yang pertama dalam bagaimana ketakutan itu terbentuk dalam masyarakat.

Media Massa

Peran media ini adalah memberitakan kemudian menyampaikan informasi tentang ancaman dan kemudian melaporkannya secara terus-menerus sehingga terbentuklah pemahaman dalam masyarakat tentang adanya ancaman tersebut kita bisa melihat bagaimana luar biasanya pemberitaan dalam kasus-kasus yang membuat masyarakat misalnya tentang covid atau gagal ginjal yang disebabkan oleh kandungan obat dan bisa saja resesi yang diprediksi akan terjadi di tahun 2023.

Politisi

Peran politisi ini adalah mereka menanggapi ancaman yang disampaikan di media. Mereka lalu cenderung untuk mengobarkan menyalakan api kepanikan dalam masyarakat melalui komentarnya di media massa. Bagi mereka itu sudah menjadi tugasnya tetapi pada sisi yang lain malah itu membuat semakin meluas sekali ketakutan dalam masyarakat.

Masyarakat 

Mereka yang secara terus-menerus memperhatikan isu tersebut sehingga seakan-akan ancaman itu memang ada. Lalu mereka sendiri yang menyebarkan informasi tersebut dilingkungan sekitar mereka sehingga terdapat ketakutan ditengah masyarkat.

Pihak Yang Mendapatkan Keuntungan

Pihak ini ini biasanya orang-orang yang mencari untung ditengah kepanikan masyarakat. Seperti menjual produk yang memang harus dibeli ketika ada wabah penyakit. Dan akhirnya mereka juga yang mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Keuntungan Ditengah Kepanikan Masyarakat

Mungkin kalian berfikir bagaimana cara orang mencari keuntungan di tengah kepanikan masyarakat.  Dibagian ini saya akan menjelaskan dari sisi peran yang digambarkan oleh Stanley Cohen. Jika ketakutan masyarakat terbentuk, pihak-pihak mana saja yang bisa mendapatkan untung?. Dan berikut beberapa pihak yang mencari keuntungan ditengah masyarakat.

Media

Media sendiri dapat menyampaikan berita atau informasi yang menakutkan dan kecenderungannya orang akan terus membaca dan menyimak informasi tersebut. Informasi tersebut bisa membahayakan kepada masyarakat. Seringkali hal ini menjadi daya tarik bagi mereka untuk tetap menyimak berita seperti itu. Kita bisa saksikan bagaimana ketika terjadi covid 19 banyak berita di televisi dan semua orang menontonnya. Karena ada rasa takut dengan semakin banyak yang nonton maka Uang  pun semakin mengalir disitu.

Pemerintah

Pemerintah memposisikan menjadi semakin kuat karena dia akan mengambil peran untuk mengontrol masyarakat agar mereka tidak takut. Mereka juga mengeluarkan kebijakan dengan dalih solusi atas ketakutan yang ada di masyarakat.

Pengusaha

Seperti yang kalian duga pengusaha bakal menjadi aktor yang paling mencari keuntungan di tengah kepanikan masyarakat. Mereka akan mencari peluang bisnis dengan mengeluarkan produk yang hanya mereka saja yang memproduksi obat tersebut. Misal saja kasus gagal ginjal yang disebabkan oleh obat penurun panas dan viral dibulan-bulan lalu. Pada akhirnya pengusaha besar akan mengeluarkan obat yang lebih aman dan bersaing mencari keuntungan setinggi-tingginya.

Pada akhirnya semua kepanikan di tengah masyarakat ada saja pihak yang mencari keuntungan di situ. dapat kita simpulkan bahwa Stanley Cohen berusaha menggambarkan kepanikan masyarakat yang kita kaitkan dengan fenomena yang ada di sekitar kita ini. mulai dari proses terjadinya. lalu aktor yang terlibat didalamnya. terakhir pihak yang mencari keuntungan melalui kepanikan masyarakat tersebut. penulis berharap para pembaca dapat mendapatkan ilmu dibalik fenomena sosial yang ada di sekitar kita.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button