Adminitistrasi Publik

Materi Administrasi Publik Semester 2 : Teori Manajemen Administrasi

Materi Administrasi Semester 2, Teori Manajemen Administrasimenjadi salah mata kuliah wajib bagi mahasiswa Administrasi publik FISIP Unsoed. Untuk kalian yang ingin mengetahui materinya lebih lanjut kalian harus memahami berbagai teori dan berbagai paradigma yang ada dalam materi ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang Teori Manajemen Administrasidan bagaimana teori-teori ini digunakan dalam memahami dan menjelaskan praktik-praktik manajemen administrasi. Kita akan melihat sejarah perkembangan teori manajemen administrasi, prinsip-prinsip dasar yang melandasi teori ini, serta berbagai konsep penting dalam administrasi publik seperti pengambilan keputusan, manajemen kinerja, dan reformasi birokrasi. Dengan memahami teori manajemen administrasi, kita dapat memahami lebih baik bagaimana pemerintah dan organisasi sektor publik bekerja untuk menciptakan kebijakan publik yang efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Simak terus materi teori adiministrasi publik ini agar kalian lebih paham.

Pengertian Administrasi Publik

Administrasi publik merupakan Keseluruhan proses, organisasi, dan individu yang bertindak di posisi resmi yang terkait dengan pelaksanaan undang-undang dan peraturan lainnya yang diadopsi atau dikeluarkan oleh legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Sedangkan, Menurut studi di Amerika yang dikutip dari Wadsworth Cengage Learning, 2009:11, administrasi publik adalah bidang studi akademik dan pelatihan profesional yang mengarah kepada karir pelayanan publik di semua tingkat pemerintahan.

Pengertian Manajemen Administrasi

Tadi kita sudah membahas pengertian administrasi publik sekarang kita akan membahas pengertian manajemen administrasi. Dalam ilmu administrasi publik salah satu hal masih merumpun adalah manajemen. Dalam kajiannya manajemen administrasi diartikan sebagai bentuk usaha atau aktifitas yang berkaitan erat dengan pengaturan tata kelola suatu kebijakan pemerintahan ataupun perusahaaan.

Paradigma Manajemen Administrasi

Dikotomi Politik-Administrasi (1900-1926)

Paradirgma pertama di perkasai oleh tokoh yang bernama Frank J.Goodnow dan Leonard D. White Goodnow dalam bukunya Politics and Public Administration (1990) menyatakan dua hal tentang fungsi pokok dari pemerintah yang berbeda, yaitu : 

  1. Politik harus memusatkan perhatinnya pada kebijakan atau ekspresi dari kehendak rakyat.
  2. Administrasi memberi perhatian pada pelaksanaan atau implementasi dari kebijakan atau kehendak rakyat. 

Pembagian fungsi ini didasari atas pemisahan kekuasaan (Separation of Power) antara legislatif, eksekutif dan yudikatif. Frank dalam bukunya membedah fungsi pokok pemerintahan agar tidak terjadi bias anatara pembuat kebijakan dengan pelaksana kebijakan tersebut.

Prinsip-Prinsip Administrasi (1927-1937) 

Paradigma berikutnya adalah prinsip administrasi. Gagasan ini dicetus oleh tokoh yang bernama W F Willoughby,  Gullick, dan Urwick yang sangat dipengaruhi oleh tokoh-tokoh manajemen klasik seperti Fayol dan Tailor. Di awali dengan terbitnya Principles of Public Administration  karya W F Willoughby. Pada fase ini Administrasi diwarnai oleh berbagai macam kontribusi dari bidang-bidang lain seperti industri dan manajemen. Dalam berbagai bidang inilah yang membawa dampak yang besar pada timbulnya prinsip-prinsip administrasi. Fokus utama dari prinsip administrasi adalah Keahlian seseorang administrator bergantung pada sejauh mana kemampuannya melaksanakan prinsip-prinsip administrasi.

Pasca Modern Manjemen Publik

Suatu organisasi yang terdiri dari berbagai entitas (tim) yang beragam namun terhubungkan satu sama lain. Entitas-entitas tersebut mempunyai kemampuan untuk mengatur dan mengontrol dirinya sendiri melalui koordinasi yang bersifat polisentris. Koordinasi dibangun menurut kebutuhan pekerjaan. Entitas diorganisir dalam flat design, pekerja sangat diberdayakan dan dilibatkan dalam pekerjaan, Informasi sebarkan, dan menekankan pada continuous improvement.

Untuk materi fullnya kalian bisa mengunduhnya di bawah ini ya.

Mari dukung Kesuksesan belajar kalian dengan mengunduh materi kuliah yang kami sediakan dan memberikan kalian kesempatan untuk belajar materi ujian ini dengan baik. Semoga dengan bantuan ini Kamu dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman Materi Administrasi Publik dengan baik. Dapatkan materi lainnya, hanya di cahaya ilmu sosial

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button