Sosiologi

Max Weber : Verstehen, Protestant Etic, dan Capitalism

Max Weber merupakan seorang ahli politik, ekonomi, filsafat, dan sosiologi . Tokoh sosiologi yang menjadi salah satu teori utama di sosiologi, karena teori ini nanti menjadi salah satu perspektif utama dalam ilmu sosial dan politik. Selain itu juga menjadi bagian paradigma yang penting dalam sosiologi. Max Weber adalah sosiolog asal Jerman yang menulis buku yang berjudul Protestant Ethic And The Spirit Of Capitalism.

Rasionalisasi Max Weber

Weber mengemukakan bahwa Rasionalisasi adalah pergantian tradisi, nilai, dan emosi sebagai dorongan perilaku dalam masyarakat berdasarkan konsep nalar. jika dilihat dalam konteks sesorang. Hal ini terlihat dalam perilakuĀ  mereka tindakan mereka. Teori ini juga menghasilkan sebuah konsep yakni birokrasi. Menurut Weber dengan adanya birokrasi seap tujuan orang akan lebih terlaksana dengan mengefisiensikan potensi yang ada lewat birokrasi.

Verstehen menurut Max Waber

Dalam Buku yang berjudul the Protestant Ethic And The Spirit Of Capitalism karya Max Weber kita bisa memahami konsep tentang Verstehen. Weber menjelaskan satu situasi dimana individu atau masyarakat itu memahami agama Protestan. Lalu dari proses penafsiran tersebut memunculkan sebuah proses yang diserbut Verstehen. Proses ini melahirkan suatuĀ  perilaku tertentu yang disebut sebagai etika atau etos. Hal itulah yang menjadi kunci dalam pemikiran sosiologi Max Weber.

Protestant Etic Menurut Max Weber

Protestant Etic atau Etika Protestan merupakan hasil penelitian Weber terhadap suatu sekte yang menfasirkan ajaran protestan. sekete ini beranama Sekte Calvini. nah Protestant Etic inilah yang menjadi hasil dari Verstehen itu sendiri. Teori Weber ini memberikan gambaran pada kita bahwa lahirnya etos ekonomi yang ada di masyarakat didasari oleh dorongan eksternal. Dorongan ini berasal dari bacaan yang dibaca atau ditafsir dalam suatu agama.

Spirit Of Capitalism Menurut Max Weber

Menurut Max Weber kapitalisme adalah kepercayaan yang paling menentukan dalam kehidupan modern. Menurut Weber kapitalisme mengontrol dan menghasilkan sebuah kultur modern. nilai-nilai inilah yang digunakan hidup orang Barat abad ke-20 hingga sekarang. Semangat Kapitalisme ini lahir dari sebuah semangat atau spirit ajaran orang protestan sehingga orang barat terus berusaha memajukan ekonomi di negaranya.

Teori sosiologi milik Weber sangatlah banyak namun teori diatas wajib kalian karena ini merupakan pilar bagi orang sosial. Dari materi diatas maka dapat kita simpulkan bahwa sosiologi menurut Weber banyak dipengaruhi oleh ajaran atau kepercayaan protesten. sehingga memunculkan 3 proses yakni Verstehen, Protestant Etic, dan Spirit Of Capitalism.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button