Adminitistrasi Publik

Materi Administrasi Publik Semester 2 : Sistem Sosial dan Budaya Indonesia

Materi Administrasi Semester 2, Teori Sistem sosial dan budaya Indonesia menjadi salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Administrasi publik FISIP Unsoed. Tujuan dari mata kuliah tersebut yakni  Memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang karakteristik masyarakat Indonesia dilihat dari sistem sosial budayanya, terutama yang berkaitan dengan dimensi konflik, integrasi, disintegrasi, dan perubahannya dengan menggunakan pendekatan teoretik: teori struktural fungsional dan teori konflik. Simak terus materi teori adiministrasi publik ini agar kalian lebih paham.

Manusia Dan Kebudayaan

Kebudayaan adalah keseluruhan kelakuan manusia sebagai mahluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi kerangka landasan guna mewujudkan dan mendorong terwujudnya kelakuan. Manusia dan kebudayaan tidak dapat kita pisahkan satu sama lain. Yang kita kenal saat ini manusia selalu hidup berdampingan dengan kebudayaan. Selain itu manusia juga kerap kali menciptakan suatu perdaban dari berbagai kumpulan budaya itu sendiri. Berikutnya ada beberapa syarat kehidupan manusia. Kebudayaan harus diketahui dan dipelajari sebagai alat guna memahami dan menafsirkan berbagai gejala, peristiwa, dan benda di sekitarnya.

Syarat kehidupan manusia adalah sebagai berikut:

  • Alamiah biologi: manusia harus makan, minum, menjaga suhu tubuh, dan lain-lain agar organ tubuhnya berfungsi secara optimal
  • Berdasarkan kejiwaan: manusia butuh ketenangan, jauh dari rasa takut, gelisah, keterasingan, dan sebagainya.
  • Menurut sosial: manusia butuh orang lain untuk melangsungkan keturunan, agar tidak terkucil, dapat belajar kebudayaannya, serta bertahan dari berbagai bahaya (parsudi suparlan). Untuk dapat melanjutkan kehidupannya, manusia menggunakan kebudayaan yang dimilikinya sebagai kerangka sandaran. 

Manusia harus belajar menggunakan kebudayaannya melalui sosialisasi. Proses belajar ini pada hakikatnya merupakan proses transformasi kebudayaan, yakni meneruskan sejumlah pengetahuan yang telah dimiliki orang lain atau generasi sebelumnya dalam menanggapi keseluruhan perjalanan kehidupan. Pengetahuan ini juga berkaitan dengan pengalaman.

Kearifan Lokal Pendukung Pembangunan

Pembangunan dapat berdampak positip dan negatip. Suatu pembangunan yang hanya memikirkan masalah ekonomi, mk akan memunculkan ketimpangan sosial,misalnya hedonisme, ketidakpedulian social dan memudarnya ikatan keluarga, meluasnya masalah moral dan masyarakat tergantung pada birokratis sentralistik ( birokrasi dari pusat )

David Korten, menyatakan apabila masyarakat tergantung pada birokratis sentralistik maka kemampuan dan kepekaan menanggapi kebutuhan lokal sangat rendah dan secara sistematis akan mematikan insiatif masyarakat lokal. Akibatnya nilai-nilai dan praktek budaya bangsa terkikis dan praktek pembangunan hrs seragam di berbagai suku masyarakat, padahal secara budaya berbeda. Akhirnya akan tercipta ada pemutarbalikkan fakta pada tataran tertentu shg akan menyebabkan disintregasi.

Pembangunan berwawasan budaya yaitu pembangunan yang memperhatikan nilai-nilai budaya, dan martabat manusia dengan mencari alternatif masyarakat yang lebih manusiawi agar dapat merealisasi potensi manusia dalam pemenuhan kebutuhan mereka yang dapat yang optimal. Jadi lebih memperhatikan kepentingan masyarakat serta melengkapi sumber daya finansial dan SDM berupa kearifan kultural. Tujuan tdk sekedar kesejahteraan, tapi merealisasi potensi kemanusiaan, kebebasan, keadilan social dan kesetiakawanan.

Post-Modern Kebudayaan

Globalisasi dapat diartikan sebagai proses penduniaan nilai-nilai budaya kehidupan dari suatu ruang budaya ke ruang budaya lain. Proses penduniaan sebagai proses perubahan sosial yang cepat dan didukung oleh teknologi komunikasi serta teknologi informatika yang memungkinkan kecepatan dan ketepatan pertukaran pesan yang melintasi ruang dan waktu budaya manusia di dunia. Pertukaran dan peralihan tersebut berasal dari dan menuju ke sasaran penerima yang berbeda budayanya. Dunia seolah-olah tanpa batas, dan umat manusia seolah-olah ditantang untuk menjawab pertanyaan, apakah anda ingin berjalan ditempat yang berarti kuno atau maju ke depan yang berarti menjadi manusia modern bahkan postmodern.

Untuk materi fullnya kalian bisa mengunduhnya di bawah ini ya.

Mari dukung Kesuksesan belajar kalian dengan mengunduh materi kuliah yang kami sediakan dan memberikan kalian kesempatan untuk belajar materi ujian ini dengan baik. Semoga dengan bantuan ini Kamu dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman Materi Sistem sosial dan budaya Indonesia untuk memenuhi kuliah Administrasi Publik dengan baik. Dapatkan materi lainnya, hanya di cahaya ilmu sosial

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button