Opini

13 Contoh Perubahan Sosial Besar di Lingkungan Masyarakat

Cahaya Ilmu Sosial – Dalam artikel ini saya akan menjelaskan 15 Contoh Perubahan Sosial Besar Yang Berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat sehari hari.

Sebelum membahas contoh perubahan sosial yang besar dan kecil, penting untuk memahami terlebih dahulu pengertian dari perubahan sosial yang umumnya terjadi di masyarakat.

Perubahan sosial dapat didefinisikan sebagai proses perubahan yang terjadi dalam masyarakat, baik dalam struktur, budaya, maupun nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat tersebut.

hal ini dapat berdampak positif maupun negatif pada masyarakat. Perubahan sosial yang positif dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat, seperti peningkatan ekonomi dan kesehatan.

Namun, perubahan sosial juga dapat menimbulkan dampak negatif, seperti peningkatan ketimpangan sosial, kemiskinan, dan konflik sosial.

Definisi Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi perubahan sosial menurut para ahli:

  1. Pitirim Sorokin : Perubahan sosial adalah suatu perbedaan atau modifikasi dalam satu atau lebih variabel sosial, yang membedakan situasi atau keadaan sosial yang satu dengan yang lain dalam waktu tertentu.
  2. William F. Ogburn : menurut William perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur dan fungsi sistem sosial. Perubahan dalam struktur adalah perubahan dalam susunan sosial, sedangkan perubahan dalam fungsi adalah -pola hubungan sosial.
  3. Talcott Parsons : terjadinya perubahan sosial di akibatkan berubahnya pola-pola perilaku individu dan kelompok dalam masyarakat.
  4. Robert Nisbet : sedangkan menurut Robert perubahan sosial dipicu karena berubahnya pola-pola kekuasaan, status, dan peran sosial dalam masyarakat.
  5. Everett Rogers : perubahan sosial adalah penyebaran inovasi atau ide baru yang mengubah cara orang berpikir, merasa, dan bertindak.
  6. Anthony Giddens : perubahan sosial di pengeruhi transformasi dalam organisasi sosial, institusi, dan hubungan sosial yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia secara signifikan.
  7. Max Weber : terakhir menurut Max perubahan sosial merupakan perubahan dalam nilai-nilai dan orientasi sosial yang mempengaruhi pandangan hidup dan tindakan individu dalam masyarakat.

Secara umum, perubahan sosial dapat diartikan sebagai perubahan dalam struktur, fungsi, nilai, dan hubungan sosial dalam masyarakat yang terjadi seiring berjalannya waktu dan dipengaruhi oleh faktor-faktor internal maupun eksternal.

13 Contoh Perubahan Sosial Besar di Lingkungan Masyarakat

Berikut adalah 13 contoh perubahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat:

  1. Berubahnya hubungan sosial, seperti perubahan dalam cara orang berinteraksi, pola persahabatan, dan pola pergaulan. Orang-orang di masa sekarang cenderung lebih suka menyendiri karena dampak dari gadget.
  2. konsumsi media, seperti perubahan dalam jenis media yang dikonsumsi, kebiasaan menonton televisi, dan penggunaan internet dan media sosial. Perubahan dalam konsumsi media menyebabkan orang dapat dimasuki dengan berita hoax. Selain itu media yang dapat menggiring opini buruk juga rentan di tengah masyarakat.
  3. keagamaan, seperti perubahan dalam cara beribadah, pemahaman keagamaan, dan toleransi antar agama. Perubahan di bidang keagamaan sangat terasa untuk saat ini. Hal ini yang membuat kita harus semakin menjunjung tingga keberagaman agama ditengah masyarakat.
  4. politik, seperti perubahan dalam partisipasi politik, peningkatan kesadaran akan hak asasi manusia, dan perubahan dalam sistem pemerintahan.
  5. lingkungan, seperti perubahan dalam tata kelola lingkungan, peningkatan kesadaran akan pentingnya lingkungan, dan perubahan dalam perilaku yang ramah lingkungan.
  6. Perubahan pada transportasi, Di masa sekarang perkembangan transportasi semakin kompleks. Budaya sopan santun patutnya wajib kita terapkan apalagi dalam transportasi umum.
  7. konstruksi dan perencanaan kota, seperti  pemukiman, perencanaan kota yang lebih berkelanjutan, dan pengembangan kota cerdas. Di Indonesia sendiri sedang gencarnya mewujudkan tata kota yang lebih rapi dan digital. Dengan membangun sistem smart city dan lain sebagainya patut kita dukung program pemerintah dalam mewujudkan hal tersebut.
  8. seni dan budaya, seperti perubahan dalam budaya populer, seni rupa, musik, dan tari, dan perubahan dalam kebiasaan budaya masyarakat. Saya sendiri sangat menyayangkan mengapa budaya asli kita sangat terkikis dengan budaya asing dari luar negeri. Kita sebagai orang Indonesia patutnya lebih menjaga dan melestarikan budaya asli kita.
  9. pola lingkungan kerja, Perubahan pada pola lingkungan kerja merupakan dampak dari industrialisasi di negara. Peralihan dari pola kerja agraria menuju industrialisasi menyebabkan banyaknya perubahan-perubahan di tengah buruh Indonesia. Perubahan dalam Industrialisasi, Industrialisasi terkadang berhubungan dengan teknologi.
  10. Kebijakan Pemerintah, kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah tentu bertujuan baik agar kehidupan masyarakat lebih tertata dan lebih sejahtera. 
  11. penggunaan teknologi, seperti perkembangan teknologi informasi, penggunaan teknologi ramah lingkungan, dan perubahan dalam cara masyarakat menggunakan teknologi. Tidak dapat kita pungkiri memang perubahan pada teknologi sangat berdampak salam semua aspek sosial.  
  12. konsumsi masyarakat, seperti perubahan dalam kebiasaan makan dan minum,  belanja, dan perubahan dalam preferensi merek. Kini dengan kemajuan teknologi perubahan sosial dalam konsumsi masyarakat terhadap suatu produk sangat berubah.
  13. perubahan kesehatan, seperti  hidup sehat, peningkatan kesadaran akan kesehatan, dan perubahan dalam pelayanan kesehatan. Perlu kita sadari dampak dari perubahan sosial kita juga membuat perubahan juga dalam pelayanan kesehatan. Pasalnya apabila kita berkaca dengan pandemi kemarin tentu merupakan perubahan besar kita disemua aspek medis.

Demikian artikel kita tentang 13 Contoh Perubahan Sosial besar  di lingkungan masyarakat sehari harinya. 

Mari dukung Kesuksesan belajar kalian dengan membaca artikel yang ada di situs kami dan raih kesempatan belajar dengan baik. Semoga dengan bantuan ini Kamu dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman kalian. Dapatkan artikel lainnya, hanya di cahaya ilmu sosial

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button