Opini

Civil Society : Pengertian, Latar Belakang, dan Karakteristik

Pengertian Civil Society – kajian tentang Civil Society di masa modern ini sangatlah dinamis. Beberapa ahli sosial mengkaji untuk menciptakan kelompok masyarakat yang lebih modern. Di bawah ini kita membahas tentang Civil Society. Untuk memperdalam kajian Ilmu Sosial kita.

Pengertian Civil Society

Masyarakat sipil (civil society) merupakan suatu konsep kehidupan masyarakat yang bertumpu pada negara-bangsa (nation-sta te) modern dengan membangun budaya berkewarganegaraan (civic culture) dan kepercayaan sosial (social trust). Dalam konteks yang terakhir ini, pemaknaan peradaban (civilized) mengacu pada komitmen kehidupan masyarakat yang dilandaskan a tas jiwa dan semangat modernisasi.

Masyarakat Madani atau Civil Society, bahwa masyarakat madani berasal dari kata Civil Society dalam bahasa Latin yang artinya adalah kota Ilahi dan Society masyarakat. Dari kata Civil Civilization atau peradaban Civil Society berarti adalah komunitas masyarakat kota ini masyarakat yang telah berperadaban maju.  Menurut Ernest Gellner pada tahun 1995 mengartikan bahwa masyarakat madani akan terwujud ketika terjadi tatanan masyarakat yang harmonis yang bebas dari eksploitasi dan penindasan masyarakat madani adalah kondisi suatu komunitas yang jauh dari monopoli kebenaran dan kekuasaan.

Latar Belakang Civil Society

latar belakang masyarakat madani timbul karena beberapa faktor antara lain adalah karena adanya penguasa politik yang cenderung mendominasi atau menguasai masyarakat dalam segala bidang agar patuh dan taat kepada penguasa. Masyarakat di asumsikan sebagai orang yang tidak memiliki kemampuan yang baik atau bodoh dibandingkan dengan penguasa atau pemerintah adanya usaha membatasi ruang gerak dari masyarakat dalam kehidupan politik. Sedangkan Menurut Havel yang dikutip dari Hikam 1994 bahwa rakyat sebagai warga negara mampu belajar tentang aturan-aturan main melalui dialog demokratis dan penciptaan batangtubuh politik partisipatoris yang murni bahwa secara umum masyarakat madani adalah masyarakat yang demokratis menjunjung tinggi etika dan moralitas transparan toleransi berpotensi aspiratif motivasi berpartisipasi konsisten memiliki perbandingan mampu berkoordinasi sederhana sinkron integral mengakui dan hak asasi namun yang paling dominan adalah masyarakat yang demokratis.

Karakteristik masyarakat

Karakteristik masyarakat madani diakui merupakan suatu bentuk semangat pluralisme atas merupakan hal yang tidak dapat dihilangkan sehingga mau tidak mau polaritas setelah menjadi suatu kaidah yang abadi. tingginya sikap toleransi baik terhadap saudara sesama agama maupun terhadap umat agama lain secara sederhana toleransi dapat diartikan sebagai sikap suka mendengar dan menghargai pendapat dan pendirian orang lain

Related Articles

Back to top button