Seputar Kampus

Penerimaan Mahasiswa Baru UNNES 2023

Penerimaan Mahasiswa Baru UNNES ,-Menjadi mahasiswa bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kamu harus berkuliah di kampus yang kurang nyaman. Oleh karena itu, memilih kampus yang nyaman sangat penting agar kamu bisa lebih fokus dalam belajar. Salah satu kampus yang menawarkan kenyamanan tersebut adalah Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Kampus UNNES terletak di Semarang, Jawa Tengah, dan dikenal dengan konsep Green Campus yang diusungnya. Kampus ini memiliki banyak taman dan pepohonan yang membuat suasana kampus menjadi lebih rimbun dan sejuk. Selain itu, UNNES juga memiliki lokasi yang strategis karena terletak di kawasan atas, sehingga tidak terkena banjir seperti kampus-kampus lain di Semarang.

Keberadaan taman dan pepohonan di UNNES tidak hanya berfungsi sebagai hiasan semata, namun juga memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan kesehatan. Pepohonan dan taman di kampus ini berfungsi untuk menyerap karbon dioksida (CO2) dan menghasilkan oksigen sehingga membuat udara di sekitar kampus menjadi lebih segar. Selain itu, kampus ini juga memiliki banyak area hijau yang membuat kampus ini terlihat indah dan menenangkan.

Jadwal SNBP Universitas Negeri Semarang Tahun 2023

Seleksi Nasional Bersama Penerimaan Mahasiswa Baru (SNBP) merupakan salah satu jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan secara bersama oleh beberapa universitas di Indonesia, termasuk Universitas Negeri Semarang (UNNES). Pada tahun 2023, UNNES juga akan mengikuti SNBP dengan jadwal dan prosedur yang telah ditentukan. Berikut ini adalah jadwal dan proses pendaftaran SNBP 2023 di UNNES.

Pengumuman Kuota Sekolah (28 Desember 2022)

Pada tanggal 28 Desember 2022, UNNES akan mengumumkan kuota sekolah yang akan dibuka dalam SNBP 2023. Kuota sekolah yang dibuka dapat berbeda-beda setiap tahunnya, tergantung pada kebutuhan dan kapasitas perguruan tinggi.

Penetapan Siswa yang Eligible oleh Sekolah (03 Januari – 08 Februari 2023)

Proses penetapan siswa yang eligible oleh sekolah akan dilakukan pada tanggal 03 Januari hingga 08 Februari 2023. Pada tahap ini, UNNES akan menentukan siswa yang memenuhi syarat dan memiliki potensi untuk dapat diterima di program studi yang ditawarkan.

Pengisian PDSS (9 Januari – 09 Februari 2023)

Setelah proses penetapan siswa eligible, siswa harus melakukan pengisian PDSS (Pendaftaran Mahasiswa Baru Online) pada tanggal 9 Januari hingga 09 Februari 2023. PDSS harus diisi dengan lengkap dan benar, termasuk pemilihan program studi dan universitas yang dituju.

Pendaftaran SNBP (14 – 28 Februari 2023)

Setelah proses pengisian PDSS selesai, siswa dapat melakukan pendaftaran SNBP pada tanggal 14 hingga 28 Februari 2023. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi SNBP dan diharapkan siswa dapat mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.

Penutupan Masa Sanggah Kuota Sekolah (17 Januari 2023)

Pada tanggal 17 Januari 2023, masa sanggah kuota sekolah akan ditutup. Masa sanggah ini diberikan bagi siswa yang mengalami kendala pada proses pendaftaran dan pengisian PDSS.

Pengumuman Hasil SNBP (28 Maret 2023)

Pengumuman hasil SNBP akan dilakukan pada tanggal 28 Maret 2023. Hasil SNBP akan diumumkan secara online melalui situs resmi SNBP, dan siswa yang diterima di UNNES dapat mengikuti proses selanjutnya untuk melakukan registrasi sebagai mahasiswa baru.

Jadwal SBMPTN Universitas Negeri Semarang Tahun 2023

Untuk para calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Semarang melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), berikut ini adalah jadwal kegiatan yang harus diperhatikan:

Pembuatan Akun SNPMB

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 16 Februari hingga 3 Maret 2023. Calon mahasiswa dapat mendaftar dan membuat akun pada Sistem Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Sosialisasi UTBK-SNBT

Sosialisasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Ujian Saringan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (USM Perguruan Tinggi Negeri) atau yang disebut juga Seleksi Nasional Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNBT) dilaksanakan pada rentang waktu 1 Desember 2022 hingga 14 April 2023.

Pendaftaran UTBK-SNBT

Calon mahasiswa dapat mendaftar untuk mengikuti UTBK dan SNBT pada periode 23 Maret hingga 14 April 2023.

Pelaksanaan UTBK

UTBK akan dilaksanakan dalam 2 gelombang, yaitu gelombang 1 pada tanggal 8 hingga 14 Mei 2023 dan gelombang 2 pada tanggal 22 hingga 28 Mei 2023. Pelaksanaan seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan akan diakhiri pada pukul 15.00 WIB.

Pengumuman Hasil Seleksi SNBT

Hasil seleksi SNBT akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2023. Calon mahasiswa dapat memeriksa pengumuman tersebut pada laman resmi SNPMB.

Fakultas di UNNES (Universitas Negeri Semarang)

UNNES (Universitas Negeri Semarang) adalah salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia. Sebagai universitas yang terletak di Semarang, UNNES menyediakan berbagai macam program studi yang dapat diambil oleh para mahasiswa. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang daftar fakultas dan program pascasarjana yang ada di UNNES.

Fakultas Ilmu Pendidikan

Fakultas Ilmu Pendidikan merupakan salah satu fakultas yang paling populer di UNNES. Fakultas ini menawarkan program studi untuk calon guru dan tenaga kependidikan lainnya. Beberapa program studi yang dapat diambil di Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES antara lain Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, serta Pendidikan Guru Sekolah Menengah Pertama.

Fakultas Bahasa dan Seni

Fakultas Bahasa dan Seni UNNES merupakan fakultas yang fokus pada pengembangan bahasa dan seni di Indonesia. Fakultas ini menawarkan program studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Jawa, Bahasa dan Sastra Inggris, dan Seni Rupa. Program studi di Fakultas Bahasa dan Seni UNNES dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan bahasa dan seni di Indonesia.

Fakultas Ilmu Sosial

Fakultas Ilmu Sosial UNNES menawarkan program studi di bidang ilmu sosial, seperti Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, dan Sosiologi. Program studi di Fakultas Ilmu Sosial UNNES dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu memahami dan mengatasi masalah sosial yang terjadi di Indonesia.

Fakultas Matematika & IPA

Fakultas Matematika & IPA UNNES menawarkan program studi di bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi. Program studi di Fakultas Matematika & IPA UNNES dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Fakultas Teknik

Fakultas Teknik UNNES menawarkan program studi di bidang teknik, seperti Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Sipil. Program studi di Fakultas Teknik UNNES dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan teknologi di Indonesia.

Biaya Kuliah di UNNES

Seperti halnya di perguruan tinggi lainnya, di UNNES juga dikenakan biaya kuliah yang disebut UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Selain itu, bagi calon mahasiswa yang masuk melalui jalur mandiri, dikenakan biaya tambahan yang disebut Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Namun, bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan keuangan, terdapat berbagai program beasiswa yang ditawarkan oleh UNNES.

Berikut adalah gambaran besaran UKT tahun 2018 yang berlaku di UNNES:

  • Kategori 1: Rp500.000
  • Kategori 2: Rp1.000.000
  • Kategori 3: Rp2.500.000 – Rp3.500.000
  • Kategori 4: Rp3.200.000 – Rp4.400.000
  • Kategori 5: Rp4.500.000 – Rp5.500.000
  • Kategori 6: Rp5.100.000 – Rp7.150.000
  • Kategori 7: Rp5.700.000 – Rp8.250.000

Sedangkan, berikut adalah besaran SPI yang berlaku di UNNES bagi calon mahasiswa yang masuk melalui jalur mandiri:

  • Kategori 1: Rp5.000.000
  • Kategori 2: Rp10.000.000
  • Kategori 3: Rp15.000.000
  • Kategori 4: Rp20.000.000
  • Kategori 5: Rp25.000.000

Beasiswa di UNNES

Selain UKT dan SPI, UNNES juga menawarkan berbagai program beasiswa bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan keuangan. Berikut adalah beberapa program beasiswa yang ditawarkan beserta jumlah penerima beasiswa dan instansi yang menyediakannya:

  • BBP-PPA: 1146 penerima beasiswa, UNNES
  • PPA: 877 penerima beasiswa, UNNES
  • KIPK: 3636 penerima beasiswa, DIKTI
  • Bidik Misi: 2534 penerima beasiswa, DIKTI
  • Afirmasi: 142 penerima beasiswa, DIKTI
  • Bank Indonesia: 75 penerima beasiswa, Bank Indonesia
  • VDMS: 20 penerima beasiswa, VDMS
  • Supersemar: 50 penerima beasiswa, Supersemar
  • Yayasan Salim: 3 penerima beasiswa, Yayasan Salim
  • Bank BTN: 5 penerima beasiswa, Bank BTN
  • Atlet: 6 penerima beasiswa, DIKTI
  • Unggulan Supersemar: 4 penerima beasiswa, Supersemar
  • Djarum: 7 penerima beasiswa, Djarum
  • I’M HERE: 4 penerima beasiswa, DIKTI
  • PHKI-B: 1 penerima beasiswa, DIKTI
  • Lazis: 48 penerima beasiswa, UNNES

Oke, sekian artikel dari saya yang membahas tentang Penerimaan Mahasiswa Baru UNNES 2023, semoga bisa membantu kamu mendapatkan informasi yang kamu butuhkan, jangan lupa untuk terus mengunjungi Cahaya Ilmu Sosial, untuk mendapatkan informasi terupdate lainnya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button