Seputar Kampus

Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIP 2023

Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIP 2023 ,- UNDIP merupakan salah satu universitas negeri di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Universitas ini didirikan pada 9 Januari 1957 dan diambil dari nama seorang Pahlawan Nasional Republik Indonesia, Pangeran Diponegoro.

Pada awal tahun 1950-an, masyarakat Jawa Tengah membutuhkan universitas. Pada waktu itu, hanya ada Universitas Gadjah Mada di Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta yang memiliki status sebagai universitas negeri. Namun, jumlah lulusan sekolah menengah atas di Jawa Tengah bagian utara yang akan melanjutkan pendidikan tinggi semakin meningkat, sehingga dibutuhkan universitas tambahan.

Maka, Yayasan Universitas Semarang didirikan pada tanggal 4 Desember 1956 sebagai langkah awal pembentukan universitas di Semarang dengan nama Universitas Semarang. Universitas ini resmi dibuka pada tanggal 9 Januari 1957 dengan Presiden Universitas pertama, yaitu Mr. Imam Bardjo.

Pada Dies Natalis ketiga Universitas Semarang pada tanggal 9 Januari 1960, Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro. Keputusan ini merupakan penghargaan terhadap prestasi Universitas Semarang dalam pembinaan pendidikan tinggi di Jawa Tengah. Nama baru ini kemudian dikukuhkan dengan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1961 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan No. 101247/UU tanggal 3 Desember 1960.

Apa Saja Jalur Masuk UNDIP 2022?

Meski belum ada pengumuman resmi dari Undip mengenai apakah jalur penerimaan ini juga akan dibuka untuk SNPMB 2023, tetap disarankan bagi calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri mendaftar melalui jalur yang disediakan oleh Undip.

Berikut adalah jalur penerimaan yang tersedia:

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang sekarang dikenal dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang sekarang dikenal dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) yang terbuka untuk program S1, vokasi, serta PSDKU. Undip juga membuka Program Sarjana Internasional (IUP) untuk S1. Program Sarjana Internasional (IUP) dirancang sebagai kelas khusus dengan bahasa Inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan di kampus.

IUP dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan terbuka bagi mahasiswa nasional maupun internasional. Undip juga membuka kembali Ujian Mandiri (UM) untuk S1 dengan menggunakan metode gabungan antara portofolio dan Tes Potensi Skolastik (TPS) secara online.

Jalur UM S1 Beasiswa Kelautan

adalah jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya di Undip untuk tahun ajaran 2022/2023. Jalur ini terbuka khusus untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Siswa yang mendaftar melalui jalur ini akan dibebaskan dari biaya pendaftaran, SPI, dan UKT selama 8 semester.

Beasiswa Undip untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan berlaku untuk beberapa program studi, yaitu: Program Studi S1 Akuakultur

  • Program Studi S1 Ilmu Kelautan
  • Program Studi S1 Manajemen Sumberdaya Perairan
  • Program Studi S1 Oseanografi
  • Program Studi S1 Perikanan Tangkap, dan
  • Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan.

Kapan PMB Undip 2023?

Penerimaan mahasiswa baru telah dibuka di UNDIP pada tahun ajaran 2023/2024 dan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, termasuk di salah satunya yang akan membuka pendaftaran online pada tanggal 5 Januari 2023 hingga 9 Januari 2023 pukul 12.00 WIB.

Setelah proses pendaftaran online, para calon mahasiswa akan mengikuti tahap ujian seleksi tertulis yang dilakukan secara online pada tanggal 15 Januari 2023. Ujian seleksi tertulis akan terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) pada pukul 07.30-10.00 WIB dan Tes Bahasa Inggris pada pukul 10.30-12.00 WIB.

Selanjutnya, para calon mahasiswa yang lolos tahap ujian seleksi tertulis akan mengikuti tahap ujian seleksi program studi yang berupa wawancara secara online pada tanggal 15-17 Januari 2023. Jadwal wawancara akan disampaikan kemudian oleh pihak perguruan tinggi.

Pengumuman kelulusan seleksi akademik akan diumumkan pada tanggal 24 Januari 2023. Bagi para calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi akademik, selanjutnya akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu pendaftaran ulang dan pengisian data diri pada website perguruan tinggi terkait.

Para calon mahasiswa disarankan untuk mempersiapkan diri dengan matang untuk mengikuti seluruh tahap seleksi dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

PMB UNDIP Bayar Berapa?

Universitas UNDIP mengumumkan pilihan kelompok program studi yang tersedia untuk pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024. Pilihan kelompok terdiri dari tiga opsi, yaitu SAINTEK, SOSHUM, dan CAMPURAN.

Bagi siswa yang memilih kelompok SAINTEK, terdapat dua pilihan program studi di Kampus Tembalang dan satu pilihan program studi S1 Keperawatan di Kampus Jepara. Jumlah program studi SAINTEK di Kampus Tembalang mencapai 35 program studi.

Sedangkan bagi siswa yang memilih kelompok SOSHUM, terdapat dua pilihan program studi di Kampus Tembalang dan satu pilihan program studi S1 Hukum di Kampus Jepara. Jumlah program studi SOSHUM di Kampus Tembalang terdapat 18 program studi.

Untuk siswa yang memilih kelompok Campuran, terdapat satu pilihan program studi SAINTEK dan satu pilihan program studi SOSHUM. Sebagai contoh, siswa SMA jurusan IPA dapat memilih pilihan pertama di program studi Ekonomi dan pilihan kedua di program studi Teknik Sipil, atau sebaliknya. Sementara itu, siswa SMA jurusan IPS dapat memilih pilihan pertama di program studi Perencanaan Wilayah dan Kota dan pilihan kedua di program studi Akuntansi, atau sebaliknya.

Untuk mengukur kemampuan akademik para calon mahasiswa, Universitas X menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS) yang terdiri dari tes Numerik, Verbal, Penalaran, dan Bahasa Inggris.

Biaya pendaftaran yang dikenakan berbeda-beda tergantung dari pilihan kelompok yang dipilih. Untuk siswa yang memilih kelompok Saintek/Soshum, biaya pendaftaran yang dibebankan sebesar Rp. 350.000, sedangkan untuk siswa yang memilih kelompok Campuran biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000. Namun, siswa yang memilih jalur KIP K tetap membayar biaya pendaftaran yang telah ditetapkan.

Pendaftaran online akan dibuka pada tanggal 5 Januari 2023 hingga 9 Januari 2023 pukul 12.00 WIB. Sementara itu, ujian seleksi tertulis (online) akan dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2023 dengan waktu tes TPA dimulai pada pukul 07.30-10.00 WIB dan tes Bahasa Inggris dimulai pada pukul 10.30-12.00 WIB.

Selain itu, ujian seleksi program studi yang akan dilakukan secara wawancara online akan dilaksanakan pada tanggal 15-17 Januari 2023. Pengumuman lolos seleksi akademik akan disampaikan pada tanggal 24 Januari 2023.

Oke, sekian artikel dari saya tentang penerimaan mahasiswa baru d di UNDIP Semoga bisa membantu kamu saat mencari informasi ini. Ikuti terus Cahaya Ilmu Sosial, untuk mendapatkan update terbaru.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button