Opini

Kemampuan Yang Dapat Dikembangkan Pada Usia 20 Tahun

kalian bingung menentukan kemampuan yang dapat dikembangkan pada usia 20 tahun?. Ada kemampuan ini bisa dimiliki dari lahir dan ada juga kemampuan yang dapat diperoleh dari berlatih. Bagi seseorang yang berumur 17 – 20 tahun merupakan masa yang tepat untuk mempelajari kemampuan baru. Oleh karena itu, mari simak kemampuan apa saja yang harus kamu kembangkan di Umur 20-an agar kelak ketika kamu memasuki masa produktif kamu tinggal menerapkannya di lingkungan kerja.

Kemampuan Tentang Kepribadian

Berbagai kemampuan pribadi yang dapat kamu latih di usia 20 tahun
Berbagai kemampuan pribadi yang dapat kamu latih di usia 20 tahun

 

Kemampuan Untuk Bersabar Dan Mengontrol Emosi

Belajarlah untuk menerima suatu keadaan yang mungkin tidak sesuai dengan keinginanmu. Cobalah kenali dirimu apa saja yang dapat membuatmu marah dan emosi serta kenali juga cara menenangkan emosi tersebut. Kalian bisa coba menyendiri dan meditasi agar kalian bisa tenang. Kemampuan ini sangat berguna kelak ketika kamu sudah dewasa. Karena orang dewasa dapat dinilai dari bagaimana dia bersabar dan dapat mengontrol emosinya.

Menerima Kritikan

Tidak semua orang bisa menerima kritikan dari orang lain. Oleh karena itu kemampuan seseorang dalam menerima kritikan merupakan hal yang sangat berharga. Ditahap ini merupakan lanjutan dari kemampuan pertama tadi. Ketika kalian bisa mengatasi kesabaran dan emosi kalian, maka kalian akan dapat menerima berbagai kritikan kepada kalian. Kritikan tersebut dapat kalian manfaatkan untuk menjadi lebih baik di suatu saat nanti.

Mengambil Keputusan

Kemampuan yang dapat dikembangkan di umur 20 tahun berikutnya adalah mengambil keputusan atau Decision Making. Kalian dapat menganalisa suatu keadaan atau masalah serta keputusan apa yang harus kamu gunakan dalam memecahkan masalah tersebut. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh para pemimpian atau seorang pria alpha. Seseorang dalam menggunakan kemampuan mengambil keputusan harus rasional dan memperhitungkan konsekuensi apa yang menjadi pertimbangan tersebut.

Belajar Berpenampilan Menarik

Dimasa sekarang ini penampilan memang menjadi nilai lebih bagi seseorang. Oleh karena itu kalian juga harus bisa menguasai kemampuan ini. Cobalah untuk memilih pakaian yang cocok dalam diri kalian agar bisa tampil menarik dimata orang. Berikutnya kalian juga harus menjaga kebersihan pada diri kalian serta menjaga kesehatan.

Kemampuan Bersosialisasi dan Relasi

Berbagai kemampuan sosial dan relasi yang dapat kamu latih di usia 20 tahun
Berbagai kemampuan sosial dan relasi yang dapat kamu latih di usia 20 tahun

Bernegosiasi

Bernegosiasi adalah kemampuan seseorang untuk mencari kesepakatan bersama yang memenuhi kepentingan dan keuntungan bersama. Kemampuan ini harus harus kalian miliki karena sangat penting di dunia kerja. Apalagi untuk kalian yang suka dengan berbisnis, kemampuan ini sangat diandalkan dalam dunia wirausaha. Kalian bisa coba dengan menentukan tujuan kalian dan coba mencari solusi win to win dengan orang lain.

Public Speaking

Kemampuang public speaking atau berbicara di depan umum harus kalian latih mulai sekarang. Karena kemampuan ini akan digunakan dalam dunia kerja, misalnya saat presentasi dengan client ataupun rapat internal perusahaan. Kemampuan public speaking dapat kalian baca di postingan kami yang lalu.

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Public Speaking Untuk Pemula

Menambah Relasi Sosial

Untuk kalian yang seorang penyendiri atau introvert alangkah baiknya kalian coba untuk bersosialisasi dengan orang lain. Karena untuk menjadi sukses kalian harus memiliki hubungan relasi yang luas. Salah satu cara menambah relasi sosial yakni dengan cara ikut organisasi. Untuk kalian yang sedang menempuh bangku kuliah, kalian bisa ikut organisasi seperti himpunan mahasiswa ataupun ikatan pelajar yang lainnya. Disitu kalian akan menambah relasi sosial dan memanfaatkan hal tersebut untuk menuju kesuksesan.

Kemampuan Berbahasa dan Komunikasi

Berbagai kemampuan Berbahasa dan Komuniasi yang dapat kamu latih di usia 20 tahun
Berbagai kemampuan Berbahasa dan Komuniasi yang dapat kamu latih di usia 20 tahun

Belajar Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa sangat penting pada masa ini. Terlebih lagi di era globalisasi sekarang orang-orang dapat terhubung langsung dengan negara lain. Oleh karena itu kalian bisa belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris. Kenapa harus bahasa Inggris?, karena bahasa ini merupakan bahasa internasional di seluruh dunia. Jika kemampuan bahasa inggris kalian baik maka kalian akan mudah terhubung dengan dunia.

Belajar Bahasa Indonesia

Mungkin kalian akan bertanya kenapa harus belajar bahasa Indonesia lagi?, tentu kita sebagai orang Indonesia pasti bisa bahasa Indonesia. Namun tidak semua orang bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, oleh karena itu cobalah belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sehingga dengan kemampuan berbahasa yang kalian miliki, semua informasi yang kalian sampaikan akan dapat tersampaikan.

Belajar Bahasa Daerah

Nah setelah kalian bisa berbahasa asing, jangan lupakan pula bahasa daerah kalian ya. Karena bangsa yang hebat adalah bangsa yang menghargai budayanya. Oleh karena itu kalian juga harus pandai berbahasa daerah kalian masing-masing. Misal kalian yang orang medan maka kalian juga harus bisa bahasa daerah kalian, kalo bisa kalian juga harus mengajarkan bahasa tersebut ke orang dari daerah lain.

Kemampuan Manajemen dan Keuangan

Belajar Bagaimana Mengatur Waktu Yang Baik

kemampuan apa saj ayang harus kamu kuasai di umur 20 tahun berikutnya adalah kemampuan mengatur waktu. Kemampuan ini sangat penting pada usia dewasa nanti. Mengatur waktu yang baik adalah kalian harus bisa membagi jumlah waktu yang kalian miliki dalam beraktivitas. Kalian juga harus bisa mengatur waktu antara kerja, olah raga, bermain, dan beristirahat. Jangan sampai pengaturan waktu kalian salah. Kemampuan mengatur waktu ini bisa memberikan efek disipilin waktu dalam diri kalian.

Belajar Mengelola Keuangan

Dalam pengelolaan keuangan kalian harus bisa mengatur pengeluaran uang yang kalian gunakan. Jangan sampai kalian menjadi orang boros ataupun menghamburkan uang untuk hal yang tidak bermanfaat. Jangan sampai pengelolaan keuangaan kalian buruk sehingga kalian terlilit oleh hutang. Maka dari itu mulai dari sekarang pelajarilah kemampuan mengelola uang kalian.

Belajarlah Investasi Jangka Panjang

Kemampuan berikutnya adalah lanjutan dari kemampuan mengelola keuangaan yang kalian miliki. Jika kalian sudah bisa mengatur uang tersebut, maka kalian harus menyisihkan uang tersebut untuk investasi jangka panjang. Misalnya kalian bisa berternak kambing, nah dari kambing tersebut akan beranak dan anak tersebut bisa menambah jumlah kambing kalian. Dan prinsip investasi jangka panjang adalah seperti itu. Memang harus bersabar karena efeknya akan terasa dimasa yang akan datang.

Kemampuan Berteknologi

Desain

Di masa industri 4.0 kini hampir setiap perusahaan dan lembaga instansi sudah menggunakan media digital. Salah satu kemampuan yang bisa menunjang kalian di masa sekarang adalah desain. Dengan kemampuan desain kita bisa menggambar sesuai kreativitas kita. Jika kalian memiliki kemampuan desain kalian juga bisa mendapatkan uang dari kemampuan tersebut. Kalian bisa cek di internet bagaimana cara menghasilkan uang dari desain. Kalian bisa mengasah kemampuan yang dapat kamu latih di usia 20 tahun ini dengan melihat di tutorial di Youtube ataupun di media sosial.

Video Editing

Kemampuan Video Editing juga tidak kalah penting di masa sekarang. Karena kemampuan Video Editing ini bisa membantu mempromosikan suatu produk berupa barang dan jasa di internet. Kalian bisa belajar Video Editing dari aplikasi Mobile seperti Capcut, VN, Kinemaster, dan lain-lainnya. Jadi dengan kemajuan teknologi sekarang, kemampuan Video Editing tidak harus menggunakan komputer tapi bisa juga menggunakan perangkat Mobile.

Memanfaatkan Sosial Media

Media sosial saat ini sedang naik daun dalam industri kreatif. Maka dari itu kita juga harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok untuk Personal Branding ataupun mendapatkan uang. Kalian bisa mempelajari kemampuan ini melalui internet. Untuk memulai mengasah kemampuan kalian tentang sosial media. Kalian bisa menganalisis konten apa yang akan kalian sajikan. Lalu konten tersebut harus kalian kemas semenarik mungkin melalui desain yang bagus ataupun video yang menarik. Selain itu kalian juga harus mengikuti perkembangan teknologi dan juga treng yang ada di media sosial.

Kemampuan Minat dan Bakat

Kemampuan yang dapat dikembangkan terakhir ini memang opsional untuk kalian pelajari. Namun kemampuan minat bakat seperti bernyanyi, bermusik, olah raga, menggambar, dan menulis konten dapat menjadi suatu hobi yang bermanfaat. Selain dapat menghilangkan stres pikiran, kalian juga dapat mengunggah hobi kalian tersebut ke media sosial sebagai konten yang menarik. Dengan konten kalian tersebut bisa menjadi personal branding. Dengan personal branding tersebut maka orang lain akan melihat semua potensi dan skill yang kalian miliki.

 

Cukup sekian penjelasan tentang kemampuan yang dapat dikembangkan di umur 20 tahun untuk menunjang kinerja kalian di masa yang akan datang. Kemampuan tersebut akan kalian miliki jika tekad kalian sudah tinggi dan semangat mendalami kemampuan tersebut. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Related Articles

Leave a Reply

Check Also
Close
Back to top button