Seputar Kampus

Informasi Jurusan Ilmu Politik : Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Jurusan Ilmu Politik sekarang sedang banyak di minati oleh kalangan pemuda dan pemudi di Indonesia. Apalagi sekarang mendekati tahun Pemilu 2024 yang membuat para siswa SMA/MA/SMK ingin melanjutkan pendidikan di jurusan ini. Namun perlu kalian ketahui terlebih dahulu dengan jengan jurusan ilmu politik ini. Maka dari itu kenalan dulu yuk dengan jurusan ini karena tak kenal maka tak sayang, eh udah sayang malah ngilang. Ayo kenalan lebih dekat dengan jurusan ilmu politik ini di artikel berikut ini.

Pengertian Jurusan Ilmu Politik

Jurusan ilmu politik adalah program studi yang memfokuskan pada pembelajaran dan penelitian tentang fenomena politik. Program studi ini mencakup berbagai topik yang berkaitan dengan sistem politik, kekuasaan, dan pemerintahan, serta implikasi dari fenomena politik tersebut bagi masyarakat. Mahasiswa yang mengambil jurusan ilmu politik akan mempelajari teori-teori dan metode yang digunakan untuk menganalisis fenomena politik serta mengaplikasikannya pada kasus-kasus konkret. Jurusan ilmu politik biasanya ditemukan di fakultas ilmu sosial dan politik, dan lulusan dari program studi ini sering menjadi analis politik, peneliti, atau pejabat publik. Selain itu Gelar dari jurusan ini adalah S. IP.

Alasan Memilih Ilmu Politik

Jurusan ilmu politik banyak diminati karena menawarkan banyak peluang kerja setelah lulus. Lulusan jurusan ilmu politik sering menjadi analis politik, peneliti, atau pejabat publik, dan dapat bekerja di berbagai instansi pemerintah atau lembaga swasta. Selain itu, ilmu politik juga dapat membantu seseorang memahami dinamika kekuasaan dan pemerintahan, yang merupakan hal yang penting dalam kehidupan masyarakat.

Program studi ini juga dapat memberikan wawasan yang luas tentang berbagai masalah politik, seperti hak asasi manusia, kebijakan publik, dan hubungan internasional, yang dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Namun sekarang banyak stigma masyarakat yang menilai politik itu masih negatif ya. Dilema ini yang kadang menjadi isu sendiri tengah kalangan mahasiswa. Oleh sebab itu tugas kita sebagai mahasiswa politik atau yang ingin bergabung di jurusan ini untuk menjelaskan bagaimana bekerja. Sehingga dapat memberikan pengetahuan tentang politik kepada masyarakat serta mengubah stigma tersebut.

Prospek kerja jurusan ilmu Politik

Lulusan jurusan politik memiliki peluang kerja yang sangat fleksibel. Mereka dapat memilih untuk berkarier di bidang politik sebagai politikus, anggota partai politik, anggota DPR, ataupun bekerja di instansi lembaga negara yang lainnya.  Selain itu, banyak lulusan yang memilih untuk bekerja di bidang akademik sebagai peneliti, dosen, atau analis politik. Selain itu, ada juga lulusan yang memilih untuk bekerja di bidang ekonomi, perbankan, dan bisnis. Banyak juga kok lulusan ilmu politik yang bekerja di lembaga non pemerintahan seperti LSM, Yayasan, ataupun lembaga bantuan hukum.

Pembelajaran di Jurusan Ilmu Politik

Jurusan ilmu politik biasanya mempelajari berbagai topik yang berkaitan dengan proses politik, sistem politik, dan kebijakan publik. Di sini adalah beberapa contoh topik yang mungkin dipelajari dalam jurusan ilmu politik:

Teori politik : ini termasuk studi tentang struktur dan proses politik, seperti demokrasi, autoritarianisme, dan sistem politik lainnya.

Sejarah politik : ini meliputi studi tentang perkembangan sistem politik di berbagai negara di dunia.

Kebijakan publik : ini mencakup studi tentang bagaimana kebijakan publik diputuskan, diimplementasikan, dan diukur keberhasilannya.

Hubungan internasional : ini termasuk studi tentang hubungan antarnegara, seperti diplomasi, perjanjian internasional, dan pertikaian internasional.

Sosial politik : ini mencakup studi tentang bagaimana kebijakan publik mempengaruhi masyarakat, termasuk studi tentang hak asasi manusia, keadilan sosial, dan kesetaraan gender.

Sistem politik : ini meliputi studi tentang cara berbagai sistem politik beroperasi, termasuk demokrasi parlementer, presidensial, dan sistem politik lainnya.

Karena studi dalam jurusan ini lebih mengarah ke penerapan dan serta contoh secara nyata maka kita diharuskan bersifat kritis dan menggunakan nalar kita dalam belajar di jurusan ini. Jika kalian berkuliah di jurusan ini saya sarankan untuk meluangkan waktu untuk mengikuti isu sosial politik yang ada di media terpercaya. Selain itu coba analisa dengan teori yang kamu pelajari di perkuliahan maka kalian akan lebih cepat paham selama kuliah.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Politik

Berikut adalah contoh beberapa mata kuliah yang akan kalian pelajari di jurusan ilmu politik. Karena mata kuliah ini bisa berbeda-beda tergantung kalian mengambil dimana Universitas yang kalian pilih. Namun saya akan memberikan sedikit gambaran agar kalian paham dengan jurusan ini saat kalian kuliah.

·         Pengantar Ilmu Politik

·         Pengantar Ilmu Sosiologi

·         Pengantar Ilmu Antropologi

·         Sistem Politik Indonesia

·         Metodologi Ilmu Politik

·         Pemikiran Politik Barat

·         Politik Lokal dan Otonomi Daerah

·         HAM dan Perubahan Politik

·         Bisnis dan Politik

·         Politik di Eropa Barat

·         Politik di Timur Tengah dan Afrika

·         Politik di Asia Selatan

·         Politik di Asia Timur

·         Politik di Australia

·         Politik di Rusia dan Eropa Timur

·         Politik Perburuhan dan Hubungan Industrial

·         Sistem Perwakilan Politik

·         Pembangunan Politik dan Studi Demokratisasi

·         Pemikiran Politik Kontemporer

·         Pemilu

·         Perilaku Pemilih dan Lembaga Perwakilan di Indonesia

·         Geopolitik dan Strategi Keamanan

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Politik

Berikut ini adalah list universitas terbaik untuk Jurusan Ilmu Politik (Terakreditasi A oleh BAN-PT) di Indonesia:

  1. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya
  2. Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar
  3. Universitas Indonesia (UI), Depok
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  5. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto
  6. Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang
  7. Universitas Sumatera Utara (USU), Padang
  8. Universitas Udayana (UNUD), Bali
  9. Universitas Padjajaran (UNPAD), Bandung

Nah bagaimana sudah paham dengan jurusan ilmu politik belum?, jika kalian masih belum paham kalian bisa ramaikan kolom komentar agar kita bisa berdiskusi serta memberikan masukan kedalam website ini. Semoga artikel ini membantu kalian yang hendak melanjutkan program studi setelah menempuh sekolah menengah. Selain itu saya berharap kalian bisa lolos di Universitas yang kalian inginkan dan buat yang Gapyear tetap semangat untuk mencoba di tahun ini semoga kalian juga lolos dan berkesempatan berkuliah di jurusan ilmu politik. Sekian postingan kali ini sampai jumpa di postingan berikutnya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button