Opini

Cyber Bulying : Dampak, Jenis, dan Hukuman Bagi Pelakunya

Bulying, atau kita mengenalnya dengan perundungan. Secara ringkas, dijelaskan bahwa Bullying merupakan tindakan penidasan kepada seseorang yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang lebih kuat dan berkuasa, dan yang menyedihkan adalah, di Indonesia, tindakan bullying menjadi hal yang lumrah.

Pengertian Bullying

Sementara pengertian secara luasnya,  Bullying adalah tindakan menggangu ornag yang lebih lemah. Asal kata Bullying sendiri, berasal dari Bahasa Inggris, yaitu Bull yang berarti banteng. Dimana banteng diidentikan dengan orang yang suka menganggu orang yang lebih lemah.

Dan arti dari Bahasa indonesianya sendiri, Bullying bermakna mengusik, merisak, menindas dan kegiatan lainnya yang menggangu orang lain, secara terus menerus.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa, Bullying merupakan segala sesuatu yang berbentuk penidasan atau kekerasan yang sengaja dilakukan oleh satu orang atau kelompok yang lebih kuat, kepada orang lain.

Jenis- Bullying

Jenis-jenis Bullying banyak sekali, diantaranya adalah :

  • Kontak Fisik Langsung
  • Kontak Verbal Langsung
  • Perilaku Nonverbal Langsung
  • Perilaku Nonverbal Tidak Langsung
  • Cyber Bullying

Namun, khusus untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang Cyber Bullying. Untuk pembahasan jenis bullying lainnya, mungkin akan saya bahas setelah artikel ini.

Apa itu Cyber Bullying?

Cyber Bullying merupakan tindakan yang dilakukan untuk menyakiti, meggangu, mengancam seseorang dengan menggunakan media elektronik, seperti :

  • Rekaman Video
  • Intimidasi
  • Pencemaran nama baik melalui media sosial.

Tindakan ini, biasanya akan berlanjut dengan perilaku Bullying dengan jenis lainnya, seperti kontak fisik langsung dan atau kontak verbal langsung atau bahkan, bisa jadi akan terjadi pelecehan seksual secara langsung atau melalui media elektronik juga.

Kenapa begitu? Karena biasanya, perilaku Cyber Bullying ini merupakan awal dari semua tindakan bullying lainnya. Namun hal ini, tidak berlaku jika pelaku bullying dan korbannya berada di tempat yang cukup jauh satu sama lain.

Dampak Cyberbullying

Meskipun Cyber Bullying, tidak menyentuh korban secara lansung. Namun dampak yang diakibatya bisa lebih parah dari bullying biasa. Karena biasanya, kejahatan cyber bullying sangat berdampak pada kondisi fisik dan juga psikologis korban.

Dilansir dari situs resmi unicef. Dampak yang akan dialami korban ketika mendapatkan serangan cyberbullying adalah, korban akan merasa malu, kesal, bodoh dan takut juga marah. Sementara, dari aspek emosionalnya, korban akan mengalami perasaan malu yang sangat dalam, sehingga akan membuat minat dan gairah akan sesuatu yang korban sukai menurun dengan drastis

Lalu, dari segi kesehatan fisik. Korban juga akan mengalami kelelahan yang hebat, muncul gejala sakit kepala dan sakit perut karena kurang tidur, akibat dari serangan cyber bullying.

Hukuman Bagi Para Pelaku Cyber Bullying

Ada beberapa pasal yang mengatur tentang hukuman bagi para pelaku cyber bullying, salah satu pasal yang menurut saya paling berat adalah Pasal 29, yang berbunyi “Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 dipidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 750.000.000,00. (tujuh ratus lima puluh juta).”

Pasal-Pasal Tentang Hukuman Para Pelaku Bullying

Selain pasal tersebu, ada beberapa pasal lainnya yang bisa memberatkan para pelaku bullying, berikut dibawah ini adalah daftarnya :

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2022 tentang Perlindungan Anak Pasal 80:

Setiap orang yang melakukan kekejaman, kekerasan atau ancaman kekerasan atau penganiayaan terhadap anak, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp 72.000.000 (tujuh puluh dua juta rupiah).

Dalam hal sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) luka berat, maka pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah).

Dalam hal anak sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) mati, maka pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 200.000.000 (dua ratus juta rupiah).

Kitab Undang-undang Hukum Pidana Bab XXIII tentang Pemerasan dan Pengancaman Pasal 368 (1):

Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, memaksa seseorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk memberikan barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang itu atau kepunyaan orang lain atau supaya memberi utang maupun menghapuskan piutang, diancam karena pemerasan dengan pidana penjara paling lama 9 (sembilan) tahun.

Oke, sekian artikel dari saya tentang Cyber Bulying : Dampak, Jenis, dan Hukuman Bagi Pelakunya, semoga bisa membantu kamu dalam mencari informasi ya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button