Teknologi

7 Cara Menggunakan Teknologi untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa

Cahaya Ilmu Sosial – Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian bagaimana cara menggunakan teknologi untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Hal ini penting karena sebagai mahasiswa terkadang malah menggunakan teknologi untuk hal yang salah.

Dalam era digital seperti saat ini, teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Berbagai jenis teknologi seperti perangkat lunak, aplikasi, dan perangkat keras dapat membantu mahasiswa dalam mengorganisir, mengelola, dan memperoleh informasi yang diperlukan untuk keperluan akademik mereka.

Memahami Pengertian Teknologi

Teknologi merupakan  penerapan ilmu pengetahuan untuk merancang, menciptakan, dan mengembangkan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Rumpun teknologi mencakup berbagai bidang seperti ilmu komputer, teknik, elektronik, bioteknologi, dan lain-lain.

Hal ini juga berkaitan erat dengan inovasi dan perubahan, karena teknologi terus berkembang dan ditingkatkan untuk menciptakan produk atau layanan yang lebih baik dan lebih efisien. Dalam era digital saat ini, teknologi juga berperan penting dalam memudahkan akses informasi dan komunikasi antarindividu dan lembaga.

Cara Menggunakan Teknologi Untuk Mahasiswa

Ada banyak cara untuk memanfaatkan teknologi dalam mendukung kebutuhan akademis mahasiswa. Dan berikut list cara menggunakan teknologi bagi mahasiswa:

Gunakan aplikasi pengatur waktu dan jadwal Aplikasi

Kalian bisa mengatur waktu dan jadwal untuk kegiatan yang lebih efisien. Hal ini sangat membantu dalam mengatur waktu dan mengelola tugas-tugas akademik. Aplikasi ini memungkinkan mahasiswa untuk membuat jadwal harian atau mingguan, mengatur alarm untuk deadline tugas, dan menandai tugas-tugas yang telah selesai. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan adalah Google Calendar, Any.do, dan Trello.

Manfaatkan platform pembelajaran online

Dalam masa pandemi COVID-19, platform pembelajaran online menjadi salah satu solusi untuk menghindari penyebaran virus di lingkungan kampus. Namun, platform ini juga dapat digunakan di luar masa pandemi untuk memperoleh materi kuliah yang lebih mudah dan cepat. Beberapa platform pembelajaran online yang populer adalah Blackboard, Moodle, dan Academy. Kalian bisa meningkatkan skill dan pengetahuan kalian di platform-platform tersebut.

Gunakan perangkat lunak pengolah Kata

Perangkat lunak pengolah kata seperti Microsoft Word, Google Docs, dan Pages sangat berguna untuk menulis dan mengedit tugas-tugas akademik. Perangkat lunak ini memungkinkan mahasiswa untuk membuat dokumen, menambahkan gambar atau grafik, dan menyimpan dokumen di dalam komputer atau di cloud storage. Kalian bisa menerapkan skill yang sudah kalian kuasai dalam menggunakan aplikasi pengolah kata tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengembangkan keterampilan tersebut untuk menulis artikel jurnal, makalah, dan sebagainya.

Manfaatkan sumber daya digital di perpustakaan

Perpustakaan universitas biasanya menyediakan akses ke sumber daya digital seperti buku elektronik, jurnal akademik, dan basis data. Mahasiswa dapat mengakses sumber daya tersebut melalui website perpustakaan. Beberapa contoh basis data populer adalah JSTOR, ProQuest, dan EBSCOhost. Jika kalian males ke perpustakaan, kalian bisa mengakses buku-buku keren di media internet saat ini. Semua bisa di akses kapanpun dan dimanapun.

Manfaatkan perangkat Gadget

Berikutnya kalian bisa menggunakan gadget kalian seperti laptop dan tablet untuk mendukung pembelajaran kalian. Perangkat keras seperti laptop dan tablet sangat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik. Laptop memungkinkan mahasiswa untuk mengetik, mengedit, dan menyimpan dokumen secara mudah. Sedangkan tablet dapat digunakan untuk membaca materi kuliah dan membuat catatan. Pastikan untuk memilih perangkat yang memiliki spesifikasi yang cukup untuk kebutuhan akademik. Kalian juga bisa melihat rekomendasi laptop yang harganya murah dan cocok untuk mahasiswa.

Gunakan aplikasi pembelajaran online

Aplikasi pembelajaran online seperti Duolingo, Quizlet, dan Khan Academy dapat membantu mahasiswa memperoleh pengetahuan dan memperbaiki keterampilan. Aplikasi ini menawarkan berbagai jenis pembelajaran seperti kuis, video, dan latihan. Beberapa aplikasi bahasa yang direkomendasikan adalah Duolingo, Babbel, dan Rosetta Stone.

Gunakan media sosial untuk berdiskusi

Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn dapat digunakan untuk berdiskusi dengan teman atau rekan kuliah. Mahasiswa dapat membuat grup diskusi di media sosial untuk berbagi materi kuliah, bertanya, atau berinteraksi langsun dengan mahasiswa lain.  Namun tetap ingat tetap menggunakan bahasa yang sopan saat menggunakan media sosial. Jangan sampai kalian melanggar undang-undang karena menyakiti perasaan orang lain dengan berkata-kata kasar.

Dampak Buruk Teknologi Bagi Mahasiswa

Meskipun banyak dampak baik dari teknologi terhadap mahasiswa. Kitapun tidak bisa terhindar dari dampak negatif suatu teknologi. Oleh karena itu kita akan memberikan beberapa list dampak negatif dari sebuah teknologi.

Ketergantungan pada teknologi

Mahasiswa dapat menjadi terlalu tergantung pada teknologi dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Ketika terjadi gangguan pada teknologi, ini dapat menghambat kemampuan belajar mahasiswa dan membuat mereka tidak dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Selain itu ketergantung terhadap teknologi membuat pemikiran mundur di kalangan mahasiswa. Mereka cenderung menggunakan gadget saat mengerjakan soal tugas dan memperpendek daya ingatan mereka. Oleh karena itu kita juga harus bisa mengontrol segala ketergantungan dari sebuah teknologi.

Kehilangan kemampuan interpersonal

Teknologi dapat mengurangi interaksi sosial dan kemampuan mahasiswa untuk berkomunikasi secara efektif secara langsung. Ini dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk membangun hubungan interpersonal dan bekerja dalam tim di masa depan. Kemajuan teknologi juga memberikan dampak individualisme di tengah mahasiswa. Selain itu jika orang sudah memegang gadget mereka, biasanya mereka malah lebih fokus dengan gadgetnya tanpa memperdulikan keadaan sekitarnya.

Gangguan konsentrasi

Teknologi dapat menjadi sumber gangguan yang serius bagi mahasiswa. Pemberitahuan dan pesan dari media sosial, email, dan aplikasi lainnya dapat mengganggu konsentrasi mereka dan membuat mereka sulit untuk fokus pada pembelajaran. Dengan gangguan konsentrasi tersebut menyebabkan mahasiswa turun nilainya ataupun kurang fokus dalam belajar. Sehingga fokus yang harusnya mereka gunakan untuk belajar malah fokus berfikir bagaimana dengan ketergantungan gadgetnya tersebut.

Kecanduan media sosial

Siapa disini yang kalo main Tiktok, Ig, atau facebook sampai berjam-jam. Hal itu sudah mengindikasi kalian kecanduan dengan media sosial. Kalian akan betah menghabiskan waktu yang sia-sia untuk menggeser konten-konten yang ada di media sosial tersebut. Mahasiswa dapat menjadi kecanduan media sosial dan menghabiskan terlalu banyak waktu di platform ini, yang dapat mengganggu kehidupan akademik mereka. Ini juga dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang dapat mempengaruhi kesejahteraan mental mereka.

Maraknya Plagiarisme atau meniru karya orang lain

Teknologi juga memudahkan akses ke sumber daya yang lebih banyak, namun dapat memperburuk masalah plagiarisme jika mahasiswa tidak menghargai etika akademik. Mudahnya mengakses informasi yang diambil dari sumber yang ada, bahkan menyalin dan menempel teks dari berbagai sumber, tanpa mencantumkan sumber dapat menimbulkan konsekuensi akademik yang serius.

Dan itulah pembahasan kita tentang cara menggunakan teknologi untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Kalian bisa menerapkan dalam kehidupan mahasiswa kalian agar kalian bisa lebih berprestasi lagi di lain waktu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa belajar, sekian dan sampai jumpa.

Mari dukung Kesuksesan belajar kalian dengan membaca artikel yang ada di situs kami dan raih kesempatan belajar dengan baik. Semoga dengan bantuan ini Kamu dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman kalian. Dapatkan artikel lainnya, hanya di cahaya ilmu sosial

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button