Opini

Cara Mengambil Keputusan Dengan Tepat Dan Logis

Cara mengambil keputusan setiap orang memang berbeda-beda. Kemampuan ini juga tidak semua orang bisa memilikinya. Oleh karena itu, bagi kalian yang masih bingung dalam mengambil keputusan. Kalian bisa membaca artikel cara mengambil keputusan dengan tepat dan logis di bawah ini. Simak terus artikel ini sampai kalian paham.

Pengertian Mengambil Keputusan (Decision Making)

Pengambilam keputusan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memilih keputusan yang tepat dalam situasi tertentu. Bagi seorang pemimpin kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk menentukan kearah mana jalannya suatu organisasi. Dengan memilih keputusan yang tepat dapat membantu kita menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan. Oleh karena itu kita harus mengenali cara mengambil keputusan dengan tepat.

Yang Harus Kita Lakukan Sebelum Mengambil Keputusan

  1. Kumpulkan informasi yang dapat kita gunakan untuk menyelesaikan masalah
  2. Tentukan target apa yang akan kalian capai
  3. Pertimbangkan juga resiko dari keputusan kalian
  4. Kalian bisa konsultasikan kepada orang yang lebih berpengalaman
  5. Tetap kontrol emosi kalian dan tetap tenang

Cara-cara Mengambil Keputusan Secara Logis

Identifikasi Situasi Apa Yang Kalian Alami

Untuk mengindetifikasi situasi, kalian bisa menggunakan informasi yang kalian kumpulkan sebelum mengambil keputusan. Informasi ini bisa berupa fakta, data, ataupun masalah yang sedang kalian hadapi. Dari informasi tersebut kalian bisa mulai indentifikasi apa saja yang harus menjadi prioritas kalian dalam menentukan solusi.

Mulailah Menganalisa

Dalam proses ini kalian bisa menggunakan metode-metode analisis yang populer seperti SWAT Analysis maupun teknik T-chart. Kalian bisa mengkreasikan cara kalian dalam menganalisis suatu masalah tersebut yang menurut kalian efektif. Gunakan data yang sudah kalian identifikasi sebelumnya sebagai bahan acuan kalian menganalisis.

Cari Solusi Alternatif

Untuk mencari solusi alternatif kalian bisa menggunakan pengalaman orang lain untuk menentukan solusi cadangan kalian. Selain itu kalian juga menggunakan metode penyelesaian masalah dengan ming mapping atau teknik lain yang menurut kalian bisa efektif. Jangan lupa libatkan tim atau rekan kerja kalian agar kalian juga mendapat masukan dari orang lain.

Mengambil Keputusan Pada Waktu Yang Tepat

Cara mengambil keputusan berikutnya yakni dengan menentukan waktu yang tepat. Dalam mengambil keputusan kalian juga harus mempertimbangakan waktu yang tepat agar keputusan kalian tidak meleset. Kalian bisa merencanakan waktu pengambilan keputusan dengan membatasi waktu analisa masalah kalian.

Hambatan Dalam Pengambilan Keputusan

Setiap proses pengambilan keputusan dapat berpotensi mengalami suatu hambatan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan habatan terjadi dalam pengambilan keputusan, seperti tujuan yang tidak jelas, kurangnya informasi, dan keterikatan emosional. Berikut adalah lima kesulitan paling umum yang dapat muncul selama proses pengambilan keputusan:

Terjebak Pada Zona Nyaman

Tanpa tujuan yang jelas dan spesifik, mungkin sulit untuk memutuskan tindakan apa yang harus kita ambil. Hal Ini sering menjadi masalah ketika organisasi atau kelompok masyarakat menghadapi tantangan baru. Sering kali kita terjebak di zona nyaman sehingga tidak ingin mengambil resiko dari suatu keputusan yang dipilih.

Konsultasi Dengan Orang Yang Salah

Tidak memiliki informasi yang cukup tentang suatu situasi dapat membuat sulit untuk mengidentifikasi semua keputusan kita. Hal ini dapat menyebabkan keputusan yang didasarkan pada firasat atau data yang tidak lengkap. Selain itu, jika kalian berkonsultasi kepada orang yang salah juga dapat membuat kalian bertambah ragu untuk mengambil keputusan apa yang harus kalian pilih. Maka pastikan kembali jika kalian ingin meminta pendapat atau konsultasi ke orang lain. Pilihlah orang yang memang berkompeten dengan bidang tersebut agar kalian tidak bingung dalam menentukan keputusan kalian

Bimbang

Ketika banyak orang terlibat dalam pengambilan keputusan, dinamika dalam organisasi dapat memperumit masalah. ketidaksepakatan atas tujuan, perbedaan pendapat tentang tindakan terbaik, dan perebutan kekuasaan semuanya. dapat menjadi hambatan dalam mencapai keputusan. Oleh  karena itu kemampuan memilih keputusan ini harus dimiliki seorang pemimpin kelompok atau organisasi.

Pemikiran kelompok

Terkadang, keputusan harus diambil dengan cepat, tanpa waktu yang cukup untuk pertimbangan. Hal ini dapat menyebabkan keputusan terburu-buru yang mungkin tidak dipikirkan dengan baik atau optimal. Perbedaan pemikiran setiap individu merupakan hambatan yang serius dalam mengambil keputusan. Kalian harus berani dan percaya diri dalam mengambil keputusan. Meski terkadang terlihat egois namun itu merupakan hal yang harus kalia pilih.

Mengapa Kemampuan Mengambilan Keputusan Begitu Penting?

Dalam mengambil suatu keputusan kita juga siap mengambil resiko yang harus kita dapatkan dari keputusan tersebut. Selain itu kemampuan ini merupakan element penting yang harus dimiliki seorang pemimpin. Karena peran seorang pemimpin memang harus menentukan strategi dan mengarahkan organisasi kepada jalan yang benar. Oleh karena itu pilihan yang baik akan menentukan kesuksesan kita dalam kehidupan sosial.

Kesimpulan

Ingatlah bahwa cara mengambil keputusan dengan tepat adalah proses yang akan kita alami selama hidup kita. Dalam mengambil keputusan kita harus bisa mempertimbangkan serta menganilisis pilihan apa yang harus kita pilih. Jangan sampai keputusan yang kalian ambil lalu menyesal dikemudian hari. Jangan lupa untuk terus mengikuti Cahaya Ilmu Sosial Untuk Mendapatkan update artikel tentang Ilmu Sosial lainnya yah!

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button