Opini

Cara Akrab Dengan Teman Baru Untuk Seorang Introvert

Cara akrab dengan teman baru merupakan langkah kita untuk mendapatkan relasi baru. Bagi kalian seorang introvert, untuk akrab dengan teman baru memang sangat sulit. Karena sifat seorang introvert adalah pemalu dan pendiam. Namun hal itu bukan menjadi masalah apabila kamu ingin mendapatkan teman baru. Nah ada kok cara akrab dengan teman baru walau kalian seorang yang introvert. Simak terus cara-cara berikut ini ya.

Cara akrab dengan teman baru di kampus

Untuk kalian yang masih sulit mendapatkan teman di kampus kalian bisa menggunakan langkah-langkah dibawah ini untuk mendapatkan teman baru. Karena di kampus sendiri saya terkadang masih sulit mendapatkan teman baru. Selain kita harus beradaptasi dengan lingkungan kampus yang baru, kita juga harus beradaptasi dengan orang-orang baru di sekitar kira.

Cobalah Untuk Percaya Diri Ketika Awal Berkenalan

Saat kalian pertama kali bertemu cobalah untuk tenang dan santai. Buang rasa tidak percaya dirimu dan buatlah teman baru kalian nyaman dengan melihat kalian. Untuk pertama kali berkenalan usahakan diri kamu jangan sampai gugup. Untuk menunjukan kepercayaan diri kalian bisa mengajak jabat tangan kepada teman baru kalian tersebut.

Berikan Senyuman Dan Cobalah Berbicara Dengan Nada Yang Ramah

Setelah kalian yakin dengan kepercayaan diri kalian. Hal berikutnya yang harus kalian lakukan adalah berikan senyuman dan ajak bicara teman kalian dengan nada yang ramah. Usahakan diri kalian untuk telihat ceria dan tidak mengeluarkan aura negatif kalian. Dengan hal ini saya dapat pastikan untuk cara-cara berikutnya kalian akan mendapatkan teman baru.

Memulai Dengan Percakapan Yang Ringan

Mulailah percakapan ringan dengan memperkanalkan diri kalian kepada orang lain. Kalian bisa basa basi dengan menanyak balik nama orang tersebut atau menyakan bagaimana perjalanan mereka menuju lokasi kalian bertemu. Misalnya, tadi kamu kesini naik apa? atau bagaimana menurutmu tentang tempat ini?. Cobalah untuk mencari topik-topik ringan untuk melakukan pendekatan kepada teman kalian.

Cari Kesamaan Kalian dengan teman baru tersebut

Cara Akrab Dengan Teman Baru berikutnya adalah mencari kesamaan yang kalian miliki. Dengan kesamaan minat ataupun bakat tersebut menjadi bahan untuk menggali topik pembicaraan yang lain. Misalnya jika teman baru kalian menyukai bola dan kalian pun sama, maka nanti kedepannya kalian nyambung obrolannya dengan topik bola. Jika kalian sudah ke tahap ini maka kalian hanya tinggal mengikuti alurnya saja.

Tanya Pendapat Kepada Teman Baru Kalian

Setelah itu kalian bisa menanyakan pendapat kepada teman baru kalian untuk membangun percakapan kalian secara dua arah. Jangan sampai malah kamu yang bertanya terus dan tidak memberikan kesempatan berbicara orang lain. Kalian bisa menanyakan pendapat tentang kesamaan minat kalian ataupun ke objek lain. Misalnya jika kalian seorang mahasiswa kalian bisa menanyakan pendapat teman kalian tentang mata kuliah yang sedang kalian pelajari di semester ini. Selain itu cobalah untuk meminta pendapat jika kalian bingung terhadap materi-materi kuliah kepada teman kalian.

Cara Mengakrabkan Diri Dengan Teman Perempuan

Terkadang seorang pria ingin memiliki teman wanita masih sangat sulit apalagi mereka seorang yang introvert. Namun hal itu bukan menjadi masalah tergantung apakah kalian berani dan percaya diri untuk memulainya. Bagi kalian para pria yang ingin menambah teman perempuan saat berkuliah. Kalian bisa menggunakan cara-cara dibawah ini:

Beranikan Diri Kalian Untuk Memulai Pertemanan

Cara pertama untuk mendapatkan teman perempuan adalah beranikan terlebih dahulu diri kalian untuk memulainya. Cobalah sapa mereka atau ajak bicara  dengan ramah agar mereka merasa nyaman dengan adanya kehadiran kalian. Jangan sampai kehadiran kalian malah membuatnya risih sehingga hubungan kalian menjadi buruk.

Perlakukan Mereka Seperti Wanita

Sifat seorang wanita adalah ingin dimengerti oleh karena itu kalian bisa menempatkan mereka sebagai wanita. Ada istilah seperti Ladies First maka kalian bisa menghargai teman baru kalian. Tunjukan rasa hormat kalian kepada teman wanita yang kalian miliki.

Membantu Ketika Ada Kesulitan

Cara akrab dengan dengan teman yang berikutnya adalah membantu teman kalian saat membutuhkan pertolongan. Dengan membantu teman wanita kalian saat mengalami kesulitan maka hubungan kalian akan lebih dekat dibandingkan dengan orang lain. Cobalah untuk memberikan perhatian dan rasa hormat kalian kepada teman baru tersebut.

Berikan Pujian Yang Pas Dan Sewajarnya

Pada umumnya sifat seorang wanita memang suka dipuji, hal ini bisa menjadi kunci untuk mengakrabkan diri kalian untuk mendapatkan teman wanita baru. Selain membantu kalian juga dapat memberikan pujian kepada teman kalian dengan sewajarnya jangan sampai berlebihan. Hal yang harus diperhatikan saat memuji teman baru kalian adalah dengan nada yang tidak merayu dan pujian tersebut tidak bersifat lebay. Misalnya jika teman wanita kalian menggunakan tas baru kalian bisa menanyakan tas tersebut beli dimana lalu utarakan pujian bahwa tas tersebut bagus dan cocok ketika dipakai oleh dia. Nah teknik pujian tersebut saya jamin ampuh untuk kalian yang ingin mendapatkan teman wanita baru.

Jadilah Teman Yang Baik

Saya ingatkan kembali kepada kalian yang mendapatkan diri kepada wanita, saya sarankan untuk jadilah teman yang baik. Dengan hubungan pertemanan yang baik kalian juga akan mendapatkan reputasi yang baik juga. Jangan sampai kalian menyakiti teman kalian dan merasa tidak bersalah akan hal tersebut. Cobalah untuk meminta maaf jika kalian melakukan suatu kesalahan. Ingat teman yang baik adalah teman yang selalu mendampingi ketika susah bukan menemani ketika senang.

Cara Mengakrabkan Dengan Orang Yang Lebih Tua

Untuk mengakrabkan diri dengan orang yang lebih tua kalian harus dapat bersikap lebih santun dan menghormati orang tersebut. Namun apabila kalian masih bingung harus bagaimana untuk berinteraksi dengan orang yang lebih tua. Saya akan menjelaskan caranya dalam artikel ini. simak terus cara akrab dengan orang yang lebih tua di bawah ini.

Gunakan Bahasa Yang Santun

Cara yang pertama untuk mengakrabkan diri dengan orang yang lebih tua adalah menggunakan bahasa yang sopan. Saat kalian berinteraksi dengan teman kalian tentu akan berbeda dengan orang yang lebih tua. Kalian harus bisa memilih kata-kata yang sopan dengan orang tua. Kalian bisa menggunakan bahasa daerah kalian yang sopan atau menggunakan bahasa Indonesia agar orang tua dapat nyaman saat berinteraksi dengan kalian.

Berbicara Dengan Kalimat Yang Mudah di Pahami

Sifat dari orang tua adalah lemah lembut.  Oleh karena itu, apabila kalian berbicara dengan orang tua kalian harus bisa menggunakan kalimat yang mudah dipahami. Selain orang tersebut paham apa yang kalian bicarakan kalian, tujuan dari menggunakan kalimat yang mudah ini agar orang mudah memahami maksud dari pembicaraan kalian. Gunakanlah kalimat yang efektif dan tidak bertele-tele.

Menggunakan Nada Bicara Yang Rendah

Selain menggunakan bahasa yang sopan dan kalian yang efektif, cara akrab dengan orang yang lebih tua yang lain yakni menggunakan nada bicara yang rendah. Jangan sampai orang tersebut menilai kalian menantang kalian atau mengajak bertengkar dengan nada yang tinggi.

Memahami Selera Humor Mereka

Cara mengakrabkan diri yang terakhir adalah dengan menggunakan pendekatan humor. Orang-orang tua masa kini humornya memang sulit untuk ditebak. Jika ingin tertawa dengan humor mereka kita juga dituntut untuk paham dan berfikir dengan humor itu. Trend humor orang tua saat ini adalah joke bapak-bapak. Kalian bisa belajar dari media sosial untuk joke bapak-bapak.

Cara Mengajak Ngobrol Orang Yang Baru Kenal

Biasanya untuk mangajak orang mengobrol paling asik itu saat kalian berada di tempat umum dan sendirian. Kalian bisa mengajak orang lain mengobrol di stasiun, di tempat antrian, di kendaraan umum, ataupun di tempat lainnya. Untuk mengajak seseorang yang baru dikenal untuk mengobrol, kalian bisa memulai obrolan dengan sapaan yang ramah dan mulai berkenalan. cara mengakrabkan diri kalian dengan orang baru yakni dengan menggunakan bahasa yang sopan dan nada yang rendah agar kalian tidak berkesan sombong dengan orang yang baru kalian kenal. Berikutnya, Anda bisa menanyakan tentang topik-topik yang sedang kalian jalani bersama. Misalnya jika kalian sedang mengantri di lembaga pelayanan masyarakat kalian bisa menanyakan tujuan mereka ada disini.

Lalu kalian juga bisa mendapatkan topik baru dari feed orang yang kalian ajak bicara itu. Jangan lupa jaga sopan santu kalian agar orang yang baru kalian ajak bicara itu nyaman dan tidak merasa tersinggung saat diajak berbicara dengan kalian.

Cara Akrab Dengan Crush Atau Orang Yang Kita Suka

Mengakrabkan diri dengan orang yang kita suka memang sangatlah sulit. Selain emosi kita yang tidak stabil. Kita juga akan merasa aneh ketika orang yang kita suka berada di dekat kita. Namun dengan segala tantang tersebut saya akan menjelaskan bagaimana cara mengakrabkan diri kita dengan crush atau orang yang kita suka.

Tampil Dengan Percaya Diri Dan Tetap Tenang

Cobalah percaya diri dan tetap menjadi diri kalian sendiri. Cobalah menarik saat moment kalian bertemu dengan orang yang kalian sukai. Saat kalian bertemu dengan orang yang kalian suka, hal yang harus kalian lalukan selain percaya diri adalah tenang. Kunci dari menarik orang yang kalian suka adalah dengan ketenangan. Percaya diri dan tenang merupakan langkah awal untuk menuju pendekatan kalian dengan orang tersebut.

Usahakan Diri Kalian Untuk Tetap Dekat Dengan Orang Yang Kalian Suka

Langkah berikutnya yang harus kalian lakukan untuk mendekati orang yang kalian suka yakni dengan dekat dengan orang tersebut. kalian bisa duduk di dekatnya atau berada di tempat yang biasanya mereka berada. Udahakan kalian harus bisa berada di dekatnya namun dengan sewajarnya jangan sampai terlalu berlebihan dan menjadikan orang yang kalian suka menjadi risih.

Ajak Bicara Orang Yang Kalian Suka

Cara yang berikut ini menjadi penentu apakah kalian bisa melanjutkan ke tahap berikutnya atau tidak. Kalian harus bisa mengajak berinteraksi orang yang kalian suka. Cobalah dengan menyapa mereka atau tanyakan kabar dia hari itu.

Kasih Mereka Pujian

Memuji merupakan senjata ampuh mendekatkan diri kalian dengan orang yang kamu suka. Namun ingat memuji merupakan seni yang indah apabila dilakukan dengan cara yang tepat. Pastikan diri kalian tidak memberikan pujian buaya ataupun alay. Cobalah memuji orang yang kalian suka jangan dengan penampilan fisiknya, akan tetapi kalian bisa memuji kepintarannya, keahliannya, atau bakat yang mereka miliki. Cara memuji yang paling berkesan menurut saya adalah ketika mereka menggunakan barang baru dan kalian mengatakan barang itu bagus dan cocok dipakai olehnya. Kalian mempraktekan hal itu mulai besok ya.

Lakukan Dengan Perlahan Jangan Tergesa-Gesa

Walau kalian sedang ingin sekali akrab dengan orang yang kalian suka. Namun, kalian juga harus bisa mengtrol diri kalian. Jangan sampai kalian malah terburu-buru malah nanti dianggap menjadi orang aneh. Lakukanlah dengan cara yang elegan, perlahan namun pasti.

Cara Agar Akrab Dengan Teman Sekelas Baru

Berada di lingkungan baru memang sangat tidak menyenangkan. Selain kita harus mengenal orang-orang di sekitar kita, kita juga harus menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut. Mungkin kalian juga merasakan apa yang saya rasakan ketika berada di lingkungan baru. Apalagi kalian yang masih sekolah dan harus berpindah-pindah kelas ataupun bertransisi dari sekolah menuju kuliah. Bagi kalian yang ingin akrab dengan teman sekelas kalian perhatikanlah caranya berikut ini :

Berkenalan Dengan Cara Yang Sopan

Cobalah untuk bersikap sopan dalam memperkenalkan diri di lingkungan baru. Perkenalkan diri kalian terlebih dahulu dengan intonasi yang rendah. Walau sifat kalian yang berenergik kalian juga harus jaga tata krama. Karena kita tidak tau sifat orang-orang baru di sekitar kita.

Cobalah Bertukar Informasi Seputar Pelajaran

Cara yang berikut ini menjadi andalan dalam mengakrabkan diri dengan teman sekelas. Kita bisa saling mengobrol dengan bertukar informasi seputar pelajaran. Dengan interaksi tersebut kita bisa mendapat waktu untuk menghabiskan waktu bersama. Dengan kebersamaan tersebut bisa menjadi moment kalian untuk lebih mengenal teman sekelas kalian.

Tetap Tenang Dan Jangan Terlalu Kaku Saat Berinteraksi

Memang saat kita beradaptasi dengan lingkungan sekitar dapat memberikan efek gugup pada diri kita. Oleh karena itu kita juga harus bisa mengatasi kegugupan tersebut. Cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dan cobalah berbicara dengan perlahan. Selain itu kalian juga kaku tetap santai saja. Usahakan kalian juga bisa mengalir dengan alur interaksi dengan teman baru kalian.

Menghabiskan Waktu Bersama

Cara akrab dengan teman kelas kita yang terakhir adalah dengan menghabiskan waktu bersama. Kalian bisa melakukan wisata, ngongkrong di caffe, ataupun mengerjakan tugas sekolah bersama. Dengan mengahabiskan waktu bersama kalian juga bisa saling mengenal satu sama lain. Kalian juga bisa mendapatkan teman baru di momen tersebut

Penutup

Orang-orang memang memiliki caranya masing-masing saat mengakrabkan diri dengan orang baru. Terutama untuk kalian yang memiliki sifat introvert. Cara-cara yang saya jelaskan di atas merupakan pengalaman pribadi saya selama ini. Oleh karena itu, apabila cara tersebut tidak sesuai dengan kalian, kalian bisa menggunakan cara lain untuk mendapatkan teman baru. Saya hanya membantu kalian mendapatkan referensi cara akrab dengan teman baru agar menambah kenalan baru kalian. Sekian dari saya terima kasih

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button