Adminitistrasi Publik

Materi Administrasi Publik Semester 4 : Birokrasi dan Governance

Materi Administrasi Publik Semester 4, Birokrasi dan Governance menjadi salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Administrasi publik FISIP Unsoed. Tujuan dari mata kuliah tersebut yakni  Memberikan pengertian kepada mahasiswa tentang karakteristik masyarakat Indonesia dilihat dari sistem pemerintahan, terutama yang berkaitan dengan dimensi konflik, integrasi, disintegrasi, dan perubahannya dengan menggunakan pendekatan teoritik: teori struktural birokrasi dan teori Governace. Simak terus materi teori administrasi publik ini agar kalian lebih paham.

Pengertian Birokrasi Dalam Pemerintahan

Menurut Kamus besar Indonesia birokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah yang berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan. Cara bekerja atau susunan pekerjaan yang banyak liku-likunya, menurut tata aturan (adat dan sebagainya). Selain itu banyak para pakar berpendapat tentang birokrasi yang di artikan sebagai suatu organisasi yang mengurus segala administratif serta mengkoordinasikan data para penduduk di suatu negara secara sistematis.

Pengertian Birokrasi Menurut Para Ahli

Menurut Max Weber

Max berpendapat tentang birokrasi yang dia jelaskan sebagai bentuk organisasi yang penerapannya berhubungan dengan tujuan yang hendak dicapai. Suatu sistem otoritas yang ditetapkan secara rasional oleh berbagai macam peraturan untuk mengorganisir pekerjaan yang dilakukan oleh banyak orang.

Menurut Fritz Morstein Marx

Berikutnya pendapat Fritz tentang birokrasi. Fritz mendeifinisak birokrasi merupakan suatu tipe organisasi yang digunakan oleh pemerintah modern. Organisasi ini bertujuang untuk melaksanakan tugas-tugasnya yang bersifat spesialis. Serta dilaksanakan dalam sistem administrasi dan khususnya oleh aparatur pemerintah.

Menurut Peter M. Blau dan Charles H. Page

Birokrasi menurut peter adalah organisasi yang dimaksudkan untuk mencapai tugas-tugas administratif yang besar, yaitu dengan cara mengoordinir secara sistematik pekerjaan yang dilakukan oleh banyak orang.

Menurut Hegel

Pengertian birokrasi menurut Heggel, merupakan Instrumen untuk melakukan pembebasan dan perubahan sosial medium yang dapat dipergunakan untuk mengomunikasikan kepentingan partikular dengan kepentingan umum.

Menurut Karl Marx

Birokrasi menurut Marx adalah Organisasi yang bersifat Parasitik dan Eksploitatif. Birokrasi merupakan Instrumen bagi kelas yang berkuasa untuk mengeksploitasi kelas sosial yang.

Pengertian Government dan Governance

Penegertian Government

Merujuk kepada formalitas dan proses kelembagaan pemerintah di level negara dalam rangka memelihara ketertiban umum dan memfasilitasi kepentingan bersama. 

Pengertian Governance

Governance diartikan sebagai bentuk tata kelola manajemen jejaring pemerintahan dalam suatu negara. Pengertian lain tentang governace juga didefinisikan sebagai upaya pemerintah dalam mengelola bidang politik, administrasi dan ekonomi yang mana warga negara dan kelompok-kelompok dalam masyarakat memungkinkan mengartikulasi kepentingan, mengupayakan hak-haknya, melakukan kewajiban dan menyelaraskan perbedaan-perbedaan. 

Aktor dalam Governance

Aktor atau yang sering kita kenal sebagai pelaku dalam penyelenggaraan pemerintah dibagi menjadi 3 unsur. Yang pertama ada Negara yang posisi sebagai lembaga atau instansi yang menjalankan pemerintahan sekaligus  yang membuat aturan. Berikutnya adalah Sektor Swasta. Dalam unsur ini aktor yang menjalankan ekonomi sekaligus pelaku pasar di suatu negara. Sektor ekonomi juga sebagai organisasi penggerak aktivitas bidang ekonomi. Pada posisi terakhir terdapat masyarakat sipil sebagai objek dari produk pemerintah dan sektor ekonomi. Masyarakat sipil diposisikan sebagai kelompok yang mendapatkan distribusi semua pelayanan dari 2 unsur yang lain.

Untuk materi fullnya kalian bisa mengunduhnya di bawah ini ya.

Mari dukung Kesuksesan belajar kalian dengan mengunduh materi kuliah yang kami sediakan dan memberikan kalian kesempatan untuk belajar materi ujian ini dengan baik. Semoga dengan bantuan ini Kamu dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman Materi administrasi publik semester 4untuk memenuhi kuliah Administrasi Publik dengan baik. Dapatkan materi lainnya, hanya di cahaya ilmu sosial

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button