Ilmu Politik

Arti Etika Politik : Pengertian, Dimensi, dan Relevansinya

Arti Etika politik merupakan suatu pemikiran kritis dan mendasar tentang ajaran-ajaran dan pandangan- pandangan moral. Kajian ini juga menjadi mata kuliah dalam kurikulum ilmu politik. Buat kalian yang ingin menambah ilmu politik simak artikel di bawah ini.

Pengertian Etika Politik

Etika memiliki arti sebuah perilaku yang membedakan baik dan buruk manusia. Jika menurut epistemologi etika merupakan ilmu yang mempelajari kualitas diri seseorang dan menjadi penilaian moral atau sikap seseorang dalam menanggapi sesuatu hal. Namun apabila dalam ilmu sains sosial etika memiliki tiga pengertian dasar yakni :

  • Pertama, etika dipakai dalam arti nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seorang atau suatu kelompok.
  • Kedua, etika dipakai dalam arti kumpulan asas dan nilai moral, yang dimaksud disini adalah kode etik.
  • Ketiga, etika dipakai dalam arti ilmu tentang yang baik atau yang buruk.

Sedangkan menurut Plato, definisi politik adalah usaha untuk mencapai masyarakat politik (polity) yang terbaik, manusia akan hidup bahagia karena memiliki peluang untuk mengembangkan bakat, bergaul dengan rasa kemasyarakatan yang akrab, dan hidup dalam suasana moralitas yang tinggi.

Dari kedua hal tersebut apabila digabungkan maka pengertian etika politik merupakan n sebuah cabang dalam ilmu etika yang membahas hakikat manusia sebagai makhluk yang berpolitik dan dasar-dasar norma yang dipakai dalam kegiatan politik.

Hubungan Filsafat politik dan Etika Politik

Filsafat Politik merupakan suatu penafsiran hakikat politik yang bersifat hipotesis, normatif, reflektif, sintesis, dan kritis terhadap suatu realitas politik. Kajian filsafat politik tidak bertugas mendeskripsikan fakta politik akan tetapi membangun konsep-konsep kerangka berfikir sehingga membuat politik semakin dipahami secara lebih mendalam.

Pasti diantara kalian pasti akan bertanya mengapa filsafat ilmu politik itu penting bagi etika politik?. Jean Ladrière seorang filusuf asal Belgia mengungkapkan bahwa  “filsafat merupakan upaya rasional untuk memahami struktur-struktur dasar pengalaman dan realitas”. Struktur dasar ini meliputi pengalaman yang pernah ada serta realitas politik yang sedang terjadi di tengah masyarakat. Jean juga menambahkan bahwa filsafat politik sebagai refleksi untuk memperdalam segi politik dalam kehidupan politik sehingga terungkap struktur, makna, dan nilai dalam kehidupan manusia. Sehingga untuk membatasi kekuasaan seseorang maka hadirlah etika politik sedangkan etika politik hadir dari filsafat politik.

Dimensi Dalam Etika Politik

Dimensi etika politik dijelaskan oleh ilmuan politik asal jerman bernama Bernhard Sutor. Ia menjelaskan bahwa dimensi etika politik dibagi menjadi 3 yakni dimensi tujuan politik, dimensi sarana politik, dan dimensi aksi politik.

Dimensi Tujuan Politik

Dalam hal ini dimensi politik ini mengutamakan penerapan kebijakan umum (policy) pemerintah yang memiliki komitmen terhadap penyelenggaraan negara dan bertagung jawab atas komitmen tersebut untuk mencapai kesejahteraan dan hidup damai didasarkan  pada kebebasan dan keadilan. Dimensi moralnya terletak pada kemampuan menentukan arah kebijakan umum yang jelas dan akuntabel. Jadi dimensi tujuan ini berupaya untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dan hidup damai dengan menerapkan kebijakan umum atau policy.

Dimensi Sarana Politik

Sarana politik memungkinkan pencapaian tujuan politik meliputi sistem dan prinsip-prinsip dasar pengorganisasian praktik penyelenggaraan negara dan yang mendasari institusi sosial. Institusi ini ikut menentukan pengaturan perilaku masyarakat yang mengandung imperatif normatif disertai sanksi.

Dimensi sarana politik (polity) mengandung dua pola normatif:

pertama, tatanan politik (hukum dan institusi) harus mengikuti prinsip solidaritas, penerimaan pluralitas, dan struktur sosial yang ditata secara berkeadilan.

kedua, kekuatan politik ditata sesuai dengan prinsip timbal-balik.

Dimensi moralnya terletak pada peran etika dalam menguji dan mengkritisi legitimasi keputusan institusi dan praktik politik.

Dimensi Aksi Politik

Berikutnya yakni dimensi aksi politik. Dimensi ini Pelaku memegang peran penting menentukan rasionalitas politik, yang meliputi rasionalitas tindakan dan keutamaan kualitas moral pelaku. Dikatakan tindakan politik rasional apabila pelaku mempunyai orientasi situasi dan memahami permasalahan serta memperhitungkan kemampuan dan dampak aksi politiknya. Sekaligus  menghindari kekerasan yang menjadi imperatif moral terhadap martabat manusia.

Relevansi Etika Politik Dalam Berpolitik

Kajian tentang etika politik berusaha memberikan petunjuk serta aturan terhadap para aktor-aktor politik. Dimana suatu kegiatan berpolitik apabila tidak ada rambu-rambunya bisa memberikan dampak buruk bagi masyarakat. Ibarat berkendara di jalan yang butuh rambu-rambu lalu lintas, di kehidupan berpolitik pun juga sama harus ada rambu-rambu atau aturan.

Jika dilihat di masa sekarang dimana mendekati tahun 2024 yang merupakan tahun pemilu. Dengan hadirnya etika politik ini maka dapat memberikan sebuah produk yakni anti politik uang baik untuk pelaku politik praktis maupun masyarakat umum.

 

Itulah materi arti etika politik semoga kalian membaca dapat memberikan wawasan kepada kalian sehingga membantu kalian dalam berfikir kritis. Karena dengan ketajaman berfikir maka kita dapat menuju kepada kemajuan peradaban. sekian dari saya apabila kalian masih belum paham dengan materi arti etika politik kalian bisa ramaikan kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di postingan berikutnya terima kasih.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button