Opini

Anxiety : Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Anxiety merupakan rasa ketakutan yang tidak wajar dan berlebihan. Hal ini sering ditandai dengan tanda-tanda fisik seperti ketegangan, berkeringat, dan peningkatan denyut nadi. Pernah merasa cemas yang sulit dikendalikan dan muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab? Kalau kamu merasakan kecemasan tanpa sebab. Sebaiknya kamu wasapada, karena bisa jadi itu merupakan gangguan kecemasan.

Penyebab Anxiety/Ganguan Kecemasan

Untuk mencari tau penyebab dari kecemasan seseorang, rasanya sangat sulit. Karena kecemasan seseorang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Namun, para peneliti menemukan bahwa ketika kita sedang menghadapi masalah atau situasi yang mengancam.

Maka otak kita akan mengirim sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres dan mengirimkanya keseluruh anggota tubuh kita. Dalam beberapa kasus, jantung bisa memompa lebih banyak darah ke kaki untuk bisa melarikan diri, dalam kondisi tertentu.

Gejala Anxiety Secara Umum

Secara umum, kecemasan merupakan hal yang wajar terjadi pada manusia. Apalagi jika sedang dalam situsasi yang mengancam dan juga menakutkan. Sebagai contoh, jika kamu baru pertama naik keatas panggung, maka kamu akan mengalami demam panggung. Nah, demam panggung itu merupakan kecemasan.

Namun, jika setelah turun dari panggung kamu masih merasa cemas dan ketakutan. Kemungkinan besar kamu mengalami gangguan kecemasan atau Anxiety. Untuk memudahkan kamu memahami apa itu Anxiety, berikut dibawah ini adalah gejala umum dari Anxiety secara umum.

  • Gugup, gelisah, dan tegang
  • Detak jantung cepat
  • Napas cepat
  • Gemetaran
  • Sulit atau bahkan tidak bisa tidur
  • Banyak berkeringat
  • Tubuh terasa lemas
  • Sulit konsentrasi
  • Adanya perasaan seperti akan ditimpa bahaya

Jika saat ini kamu merasakan beberapa hal yang saya sebutkan diatas, ada baiknya kamu segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Membedakan Anxiety Normal dengan Anxiety yang Berbahaya

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahwa kecemasan itu merupakan hal yang normal terjadi pada manusia, tapi jika kecemasan itu berlarut dan datang dengan tiba-tiba tanpa penyebab. Maka kemungkinan itu merupakan gangguan kecemasan yang berbahaya. Lalu, bagaimana cara membedakanya? Kamu bisa melihat perbedaanya dibawah ini,

Anxiety Normal

Kecemasan yang normal, sebenarnya merupakan hal yang positif. Dan bisa dijadikan sebagai motivasi untuk kamu agar bisa mengatasi tantangan atau mengatasi masalah pada situasi tertentu. Jadi, dari sini kita mengambil kesimpulan bahwa anxiety normal adalah, dimana kita masih bisa mengambil control diri untuk mengatasi masalah yang membuat kita cemas.

Anxiety Berbahaya

Inilah yang harus diwaspadai, karena jika kecemasan kamu tetap terasa dan muncul. Meskipun faktor pemicunya sudah hilang dan muncul tanpa alasan yang jelas. Maka hal ini menandakan kamu sedang terserang ganguan kecemasan.

Cara Mengatasi Anxiety

Oke, setelah kamu mengetahui tentang penyebab, gejala dan juga perbedaanya. Mungkin sekarang membutuhkan informasi juga tentang cara mengatahui Anxiety? Kalau begitu, kamu bisa langsung membacanya dibawah ini.

Mencukupi waktu tidur dan istirahat

Kelelahan dan otak yang kurang oksigen karena tidak teratur tidur, adalah factor utama kenapa kita mudah mengalami ganguan kecemasan. Jadi, untuk mencegah dan mengatasi kecemasan berlebihan. Kamu bisa tidur dan istirahat yang cukup.

Membatasi konsumsi kafein dan minuman beralkohol

Kafein memang bermanfaat untuk membuat kita lebih bersemangat, namun konsumsi kafein berlebih dapat mengangu fungsi jantung dan beberap organ lainnya, yang akhirnya memicu jantung untuk memompa darah lebih cepat. Endingnya, bisa membuat kamu lebih mudah cemas.

Mengurangi stres

Stress memang sesuatu yang tidak terhindarkan, namun kamu bisa menguranginya dengan memberikan tubuh dan otak untuk rileks dan tenang. Untuk mengurangi stress, kamu bisa melakukan kegiatan yang membuat kamu tenang. Seperti Shalat atau olahraga yoga.

Oke, sekian dulu artikel dari saya tentang Anxiety : Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya. Semoga bisa membantu kamu saat mencari informasi yah.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button