Teknologi

7 Cara Merawat Smartphone Kalian Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama, Mahasiswa Wajib Tahu Nih!?

Cara Merawat Smartphone – Dalam artikel kali ini saya akan membahas beberapa Cara merawat ponsel bagi mahasiswa agar Smartphone kalian lebih awet. Cara-cara ini bisa menjadi refrensi kalian untuk bisa lebih merawat barang kesayangan kalian sehingga tidak terkendala saat belajar. Simak terus artikel ini agar kalian lebih paham.

Pengertian Smartphone

Smartphone adalah perangkat telekomunikasi seluler yang memiliki kemampuan lebih dari sekedar melakukan panggilan suara dan pesan teks. Perangkat ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti kamera, layar sentuh, GPS, dan internet. Dalam beberapa tahun terakhir, smartphone telah menjadi perangkat yang paling populer dan penting di dunia modern. Hal ini karena, kemampuannya untuk menghubungkan orang dengan dunia secara instan dan mudah.

Selain digunakan untuk komunikasi, smartphone juga digunakan untuk keperluan bisnis, hiburan, dan produktivitas sehari-hari. Smartphone juga dapat dihubungkan ke berbagai aksesori, seperti smartwatch dan headset nirkabel, yang semakin meningkatkan fungsinya sebagai perangkat multi-fungsi.

Dan berikut ini cara merawat smartphone agar lebih awet dan tahan lama, bagi mahasiswa wajib tau nih.

1.    Gunakanlah Pelindung Smartphone

Pelindung smartphone adalah aksesoris tambahan yang digunakan untuk melindungi layar dan body smartphone dari kerusakan atau goresan. Tujuan utama penggunaan pelindung smartphone adalah untuk memperpanjang masa pakai dan menjaga tampilan smartphone tetap terjaga. Kalian bisa menggunakan pelindung anti gores dan chasing yang bisa kalian beli di marketplace.

Penggunaan pelindung smartphone bisa membantu mencegah goresan pada layar akibat gesekan dengan benda tajam atau kasar seperti kunci atau koin di dalam saku. Pelindung juga dapat melindungi layar dari pecah atau retak akibat jatuh atau terbentur, sehingga dapat menghindari biaya perbaikan mahal yang mungkin diperlukan jika layar rusak.

Selain itu, pelindung smartphone juga dapat melindungi body smartphone dari goresan dan noda yang mungkin terjadi akibat penggunaan sehari-hari. Dengan melindungi smartphone dengan pelindung yang tepat, pengguna dapat menjaga penampilan smartphone tetap terjaga, mengurangi risiko kerusakan, dan memperpanjang masa pakai perangkat.

2.    Charger Baterai Dengan Normal

Cara merawat smartphone berikutnya adalah  mengisi baterai sesuai dengan buku panduan smartphone Kalian. Setiap pengguna smartphone pastinya ingin baterai pada ponselnya tetap awet dan tahan lama. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat baterai pada smartphone agar tetap awet adalah dengan melakukan pengisian daya secara benar. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengisi daya baterai pada smartphone agar tetap awet:

Isi Daya pada Level Baterai 10-15%

Saat melakukan pengisian daya pada baterai smartphone, pastikan baterai sudah berada pada level 10-15%. Hal ini dikarenakan pengisian daya yang dilakukan pada level baterai yang rendah dapat mempercepat kerusakan pada baterai. Sebaliknya, pengisian daya pada baterai yang terlalu penuh juga dapat mempercepat kerusakan pada baterai.

Lepas Charger Setelah Baterai Terisi Penuh

Jangan biarkan charger tetap terhubung ke smartphone setelah baterai terisi penuh. Hal ini dapat mempercepat kerusakan pada baterai dan mempengaruhi umur pakai baterai pada smartphone.

Hindari Pengisian Daya Berlebihan

Pengisian daya yang terlalu lama dapat mempengaruhi umur pakai baterai pada smartphone. Pastikan untuk tidak meninggalkan smartphone terlalu lama saat pengisian daya, karena hal ini dapat mempercepat penurunan kapasitas baterai.

Gunakan Charger Asli

Penggunaan charger yang asli dapat meminimalisir risiko kerusakan pada baterai smartphone. Jangan menggunakan charger yang tidak sesuai atau charger palsu, karena hal ini dapat mempengaruhi umur pakai baterai pada smartphone.

Hindari Menggunakan Smartphone Saat Sedang Diisi Daya

Tidak dianjurkan untuk menggunakan smartphone saat sedang diisi daya. Hal ini dapat membuat baterai cepat panas dan mempercepat kerusakan pada baterai. Dan terakhir Jangan biarkan baterai smartphone kosong terlalu lama. Jika baterai kosong, segera isi daya agar baterai tidak menjadi terlalu kosong. Hal ini dapat mempercepat kerusakan pada baterai.

3.    Hindari Smartphone Bersentuhan Dengan Magnet

Smartphone tidak boleh diletakkan di dekat magnet karena adanya magnet dapat mengganggu kinerja komponen elektronik di dalamnya. Hal ini terutama berlaku untuk komponen-komponen yang sensitif seperti sensor akselerometer, sensor kompas, dan motor getar.

Jika smartphone terkena medan magnet yang kuat, sensor akselerometer dan sensor kompas di dalamnya bisa mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan benar. Dari kerusakan tersebut dapat mempengaruhi kinerja dan fungsi smartphone. Begitu juga dengan motor getar, yang dapat rusak jika terkena medan magnet yang kuat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari meletakkan smartphone di dekat magnet atau perangkat elektronik yang memiliki medan magnet yang kuat, seperti speaker besar, mesin pemindai, dan sebagainya.

4.    Install Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Menginstall aplikasi yang tidak terlalu diperlukan pada smartphone dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Semakin banyak aplikasi yang diinstal pada smartphone, semakin banyak juga sumber daya sistem yang digunakan, seperti RAM, CPU, dan baterai. Hal ini dapat membuat smartphone menjadi lambat, lemot, dan bahkan mengalami crash atau mati mendadak.

Selain itu, beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting atau kurang terpercaya mungkin juga mengandung malware atau virus yang dapat membahayakan keamanan data pada perangkat. Malware atau virus dapat mengakses data sensitif seperti informasi login, nomor kartu kredit, atau foto pribadi, dan merusak atau mencuri data tersebut.

Oleh karena itu, disarankan untuk hanya menginstall aplikasi yang diperlukan dan diunduh dari sumber terpercaya, seperti Google Play Store atau Apple App Store. Selain itu, pastikan untuk memeriksa ulasan dan rating aplikasi sebelum menginstalnya, serta menghapus aplikasi yang tidak terpakai lagi untuk membebaskan ruang penyimpanan dan mempercepat kinerja smartphone.

5.    Gunakan Aplikasi Dengan Effisien

Semakin banyak aplikasi yang diinstal di perangkat, semakin berat beban kerja pada sistem operasi. Ini dapat menyebabkan kinerja yang buruk, seperti lag atau bahkan crash. Dengan menggunakan aplikasi yang diperlukan saja, kita dapat meminimalkan jumlah aplikasi yang diinstal dan meningkatkan kinerja perangkat.

Selain itu dengan menjalankan aplikasi secara berlebihan dapat memakan ruang penyimpanan kita. Hal ini dapat menyebabkan masalah ruang penyimpanan penuh dan dapat mengurangi kinerja perangkat. Dengan menggunakan aplikasi yang diperlukan saja, kita dapat meminimalkan jumlah aplikasi yang diinstal dan menghemat ruang penyimpanan. Mulai sekarang cobalah untuk menjalankan aplikasi seperlunya dan secara efisien agar smartphone kalian bisa berjalan secara optimal.

6.    Bersihkan Cache Dari Penyimpanan

Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi di penyimpanan internal atau eksternal perangkat Kalian. Data cache ini termasuk gambar, video, file audio, dan informasi lainnya yang dapat mempercepat waktu akses aplikasi atau situs web di perangkat Kalian. Namun, cache yang terlalu banyak bisa mempengaruhi kinerja perangkat dan memakan ruang penyimpanan.

Oleh karena itu, membersihkan cache dari penyimpanan dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat dan membebaskan ruang penyimpanan yang tidak perlu. Namun, perlu diingat bahwa beberapa aplikasi mungkin memerlukan data cache untuk beroperasi dengan baik, sehingga membersihkan cache secara teratur juga dapat menghapus data yang diperlukan oleh aplikasi tersebut. Oleh karena itu, pastikan Kalian memahami konsekuensi dari membersihkan cache sebelum melakukannya.

7.    Tetap Jaga Keamanan Smartphone

Sangat penting untuk selalu memperhatikan keamanan smartphone Anda. Hal ini karena smartphone adalah perangkat yang sangat berpotensi untuk terkena serangan malware, virus, atau hacker yang dapat mencuri data pribadi Anda.

Beberapa tips untuk memperhatikan keamanan smartphone Anda antara lain:

  1. Pasang aplikasi keamanan: Instal aplikasi keamanan dari sumber yang terpercaya dan perbarui secara teratur untuk melindungi dari serangan malware atau virus.
  2. Perbarui sistem operasi: Perbarui sistem operasi smartphone Anda secara teratur untuk memperbaiki bug dan kerentanan keamanan.
  3. Pasang kunci layar: Pasang kunci layar yang aman seperti pola, PIN, atau sidik jari untuk mencegah akses yang tidak sah ke smartphone Anda.
  4. Jangan jailbreak atau root smartphone Anda: Jailbreak atau root smartphone dapat meningkatkan risiko keamanan dan membuatnya lebih mudah untuk diakses oleh pihak yang tidak sah.
  5. Gunakan sandi yang kuat: Buatlah sandi yang kuat dan tidak mudah ditebak untuk akun-akun online yang terhubung ke smartphone Anda.
  6. Hati-hati saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik: Jangan melakukan aktivitas online yang sensitif seperti perbankan atau login ke akun sosial media saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman.

Dengan memperhatikan keamanan smartphone Anda, Anda dapat melindungi data pribadi Anda dan menghindari kerugian yang disebabkan oleh kejahatan siber.

Dan itu lah 7 cara merawat smartphone agar lebih awet dan tahan lama, semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam merawat smartphone.

Mari dukung Kesuksesan belajar kalian dengan membaca artikel yang ada di situs kami dan raih kesempatan belajar dengan baik. Semoga dengan bantuan ini Kamu dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman kalian. Dapatkan artikel lainnya, hanya di cahaya ilmu sosial

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button