Teknologi

7 Cara Merawat Laptop Agar Lebih Tahan Lama, Wajib Mahasiswa Ketahui

Cahaya Ilmu Sosial – Dalam artikel kali ini saya akan membahas beberapa cara merawat laptop agar lebih tahan lama untuk mahasiswa. Cara-cara ini bisa menjadi refrensi kalian untuk merawat laptop kesayangan kalian. Kalian tidak perlu khawatir dan membawa laptop kesayangan ke tukang servis secara berkala untuk merawatnya. Anda dapat merawat laptop sendiri tanpa harus membayar biaya jasa tukang servis. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa cara merawat laptop sendiri agar tetap awet dan tahan lama yang akan saya bagikan untuk Anda.

1. Memasang Charger Laptop Dengan Benar

Agar laptop Anda tahan lama, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah cara memasang charger. Pastikan Anda memasangnya dengan benar, yaitu dengan menyambungkan ke listrik terlebih dahulu sebelum menghubungkannya ke laptop. Jangan terbalik, karena hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan listrik yang dapat merusak motherboard laptop. Dengan memasang charger dengan benar, Anda dapat memperpanjang umur laptop Anda dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

2. Hindari Mengisi Baterai Secara Terus-Menerus

 Apakah Anda memiliki kebiasaan mengisi baterai laptop secara terus-menerus hingga semalaman penuh?. Hindari kebiasaan ini sekarang, karena terkadang kita lupa dan membiarkan laptop tercolok dalam waktu yang lama. Terus-menerus mengisi baterai laptop dapat membuat daya baterai cepat berkurang, sehingga disarankan untuk tidak mengisi baterai ketika persentase baterai masih cukup banyak.

3. Hindari Mematikan Dengan Tombol Shutdown

Ketika laptop mengalami tidak responsif, kebanyakan orang menekan tombol shutdown atau power dalam jangka waktu yang lama untuk mematikan laptop. Namun, untuk menjaga agar laptop tetap awet dan tahan lama, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Sebaliknya, ketika laptop mengalami masalah yang sama, cobalah untuk menutup perangkat lunak yang bermasalah melalui Task Manager. Kebiasaan mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol shutdown atau power dapat merusak komponen dalam laptop dan akhirnya memaksa Anda untuk membeli laptop baru atau melakukan servis.

4. Jangan Makan dan Minum didekat Laptop


Hindari makan dan minum di dekat laptop adalah sebuah saran yang sering disampaikan oleh para ahli dalam merawat dan menjaga kesehatan laptop. Hal ini karena, meskipun terlihat sepele, tumpahan makanan dan minuman dapat menyebabkan kerusakan yang serius pada komponen laptop.

Makanan dan minuman yang tertumpah ke dalam laptop dapat menyebabkan kerusakan pada keyboard, touchpad, bahkan motherboard. Cairan yang masuk ke dalam laptop dapat mengganggu kinerja komponen dan menyebabkan kerusakan permanen. Selain itu, tumpahan makanan dan minuman dapat menimbulkan kotoran dan bau yang tidak sedap pada laptop, sehingga membuatnya tidak enak dipakai.

5. Bersihkan laptop Secara Rutin

Membersihkan laptop secara rutin merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kinerja dan keawetan laptop. Debu, kotoran, dan sisa makanan yang menempel di laptop bisa membuat laptop menjadi cepat rusak dan bahkan memperpendek usia laptop. Oleh karena itu, membersihkan laptop secara rutin sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Membersihkan laptop bisa dilakukan dengan menggunakan kuas lembut atau kain yang tidak mudah meninggalkan serat atau debu. Pastikan laptop dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan listrik sebelum membersihkannya. Mulailah dengan membersihkan bagian luar laptop terlebih dahulu, kemudian periksa keyboard dan layar laptop. Jangan lupa membersihkan bagian dalam laptop dengan hati-hati, seperti ventilasi dan kipas laptop yang sering menjadi sarang kotoran dan debu. Dengan membersihkan laptop secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa laptop Anda selalu dalam kondisi yang optimal dan awet.

6. Hindari Menjalankan Aplikasi Atau Game Berat Pada Laptop Kalian

Jangan paksa laptop untuk menjalankan aplikasi atau game yang berat karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras maupun software pada laptop Anda. Laptop memiliki kemampuan dan spesifikasi tertentu yang harus diperhatikan saat penggunaannya.

Jika aplikasi atau game yang dijalankan terlalu berat untuk kemampuan laptop, maka akan terjadi overheat pada laptop yang dapat merusak komponen-komponen di dalamnya. Selain itu, proses menjalankan aplikasi atau game yang berat juga dapat mempercepat proses kerusakan pada baterai laptop Anda, sehingga baterai dapat lebih cepat rusak dan memerlukan penggantian yang lebih sering.

7. Hindari Terlalu Lama Menyalakan Laptop

Jangan terlalu lama menyalakan laptop secara terus-menerus dapat menjadi faktor penyebab kerusakan pada laptop. Karena mesin laptop yang terus bekerja dalam waktu yang lama dapat membuat suhu di dalamnya semakin meningkat dan mengakibatkan laptop menjadi panas yang berlebihan.

Hal ini akan mempercepat terjadinya kerusakan pada laptop, seperti kerusakan pada motherboard atau hard disk. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menyalakan laptop terlalu lama secara berkesinambungan dan memberi jeda istirahat pada laptop setiap beberapa jam sekali. Selain itu, pastikan ventilasi laptop tidak tertutup agar udara dapat mengalir dengan baik dan membantu menjaga suhu laptop agar tetap stabil.

Mari dukung Kesuksesan belajar kalian dengan membaca artikel yang ada di situs kami dan raih kesempatan belajar dengan baik. Semoga dengan bantuan ini Kamu dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman kalian. Dapatkan artikel lainnya, hanya di cahaya ilmu sosial

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button