Teknologi

7 Cara Mengatasi Hp Lemot Serta Penyebabnya

Cara Mengatasi Hp Lemot – Dalam artikel ini kita akan memberikan cara mengatasi hp lemot, bagi mahasiswa atau siswa sangat penting untuk mengetahuinya. Terkadang kita kerap kesal terhadap hp kita yang suka lemot ini.

Karena faktanya banyak faktor yang dapat membuat hp lemot, lelet, hp ngelag, berat, hingga panas. Sekarang silahkan ketahui penyebab dan cara mengatasi hp lemot, hp lelet, hp panas & hp ngelag yang membuat performa smartphone kamu menurun berikut ini.

Pengertian Sistem Android

Android adalah sistem operasi yang terus ditingkatkan dan sering mendapatkan pembaruan. Salah satu tujuan pembaruan OS Android adalah untuk memperbaiki atau menghilangkan bug yang dapat membuat smartphone menjadi lemot, panas, ngelag, bahkan merusak perangkat. Namun, melakukan update OS Android tidak selalu menjamin smartphone akan kembali berjalan dengan lancar.

Ada banyak faktor lain yang dapat membuat smartphone menjadi lemot, seperti overheat atau terlalu banyak aplikasi yang terinstal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi smartphone yang lemot, lelet, panas, atau ngelag agar performa perangkat tetap optimal.

1.      Hapuslah Cache Aplikasi Yang Berukuran Besar

Hapus cache aplikasi adalah salah satu cara untuk mencegah smartphone menjadi lelet. Cache adalah data yang disimpan sementara oleh aplikasi pada penyimpanan smartphone agar dapat mempercepat waktu muat ketika membuka aplikasi tersebut.

Namun, cache yang terlalu banyak dapat membuat kinerja smartphone menjadi lelet dan berat. Oleh karena itu, membersihkan cache aplikasi secara berkala dapat membantu mencegah hal tersebut terjadi. Untuk menghapus cache aplikasi, kamu dapat masuk ke pengaturan aplikasi, pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenyadan pilih “Hapus Cache”.

Berikut ini, langkah-langkah cara mengatasi hp lemot dengan membersihkan atau hapus cache aplikasi di smartphone:

  1. Buka Smartphone
  2. Menu Pengaturan
  3. Aplikasi
  4. Pilih Aplikasi yang akan di clear cache
  5. Penyimpanan / Storage
  6. Clear Cache / Hapus Memori
  7. Selesai

2.      Menghapus Data Aplikasi Yang Membengkak

Menghapus data aplikasi adalah cara lain untuk mengatasi masalah hp yang lelet. Data aplikasi yang disimpan terkadang bisa memenuhi ruang penyimpanan dan membuat aplikasi menjadi lambat. Oleh karena itu, menghapus data aplikasi bisa membantu mengurangi beban pada hp dan membuat aplikasi berjalan lebih cepat.

Namun, sebelum menghapus data aplikasi, pastikan untuk mem-backup data penting terlebih dahulu, seperti login dan pengaturan aplikasi yang diinginkan.  Perlu diingat bahwa menghapus data aplikasi akan mengembalikan aplikasi ke pengaturan awal dan menghilangkan semua data dan pengaturan yang telah disimpan sebelumnya.

Selengkapnya Cara hapus data aplikasi di smartphone kamu, silahkan simak berikut ini:

  1. Buka menu pengaturan HP
  2. Pilih layanan Aplikasi
  3. Tentukan aplikasi yang akan di Clear Data
  4. Pilih storage atau penyimpanan aplikasi.
  5. Clear Data / Hapus Data
  6. Selesai

Setelah penghapusan data berhasil dilakukan, kamu dapat mencoba membuka aplikasi kembali dan memeriksa apakah hp kamu sudah tidak lelet lagi. Biasanya cache dan data aplikasi yang memakan ruang memori besar sehingga menyebabkan hp lemot, berat atau ngelag ialah aplikasi e-commerce seperti shopee, tokopedia, lazada. Aplikasi medsos, seperti FB, IG, YouTube dan aplikasi browsing seperti chrome, uc browser dll.

3.      Menghapus Video dan Foto Yang Tidak Perlu

Menghapus video dan foto yang tidak perlu adalah salah satu cara untuk mengurangi beban penyimpanan pada smartphone dan mencegah terjadinya keterlambatan atau keterbatasan memori pada smartphone. Video dan foto yang tidak perlu seperti gambar atau video yang buram, terlalu banyak atau duplikat. Dengan Menghapus File ini dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan pada smartphone.

Cara Mengatasi Hp Lemot
Sumber pexels.com

Hal ini akan membuat smartphone lebih ringan dan performa lebih baik, sehingga penggunaan aplikasi dan perangkat lainnya akan lebih lancar dan cepat. Selain itu, menghapus foto dan video yang tidak perlu juga akan membuat tampilan galeri menjadi lebih rapi dan teratur.

4.      Gunakan Widget dan Live Wallpaper Seperlunya

Widget dan live wallpaper adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan tampilan yang menarik pada layar utama smartphone. Namun, penggunaan widget dan live wallpaper yang berlebihan dapat mempengaruhi performa dan daya tahan baterai smartphone.

Untuk menghindari hal ini, disarankan untuk hanya menggunakan widget dan live wallpaper yang diperlukan saja. Hindari menggunakan widget dan live wallpaper yang terlalu besar atau memiliki animasi yang rumit karena hal ini dapat memakan banyak sumber daya.

Selain itu, pastikan untuk menghapus widget dan live wallpaper yang tidak diperlukan lagi, karena hal ini dapat membebaskan ruang penyimpanan dan mempercepat kinerja smartphone. Dengan mengoptimalkan penggunaan widget dan live wallpaper, performa smartphone akan tetap optimal dan daya tahan baterai lebih tahan lama.

5.      Hapus Aplikasi Yang Berukuran Besar

Aplikasi yang berukuran besar cenderung memakan banyak ruang penyimpanan dan memerlukan sumber daya yang lebih banyak saat digunakan, sehingga dapat membuat hp menjadi lemot dan lambat. Aplikasi yang berukuran besar biasanya game, aplikasi editor, dan media sosial yang bisa berukuran melebihi 1 Gb.

Cara Mengatasi Hp Lemot
Sumber pexel.com

Untuk menghapus aplikasi yang berukuran besar, kamu dapat masuk ke menu “Pengaturan” di hp kamu, lalu pilih opsi “Aplikasi” atau “Manajemen Aplikasi”. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin dihapus dan klik opsi “Hapus”. Pastikan untuk memilih aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan, dan pastikan juga untuk menyimpan data penting dari aplikasi yang dihapus sebelum menghapusnya. Dengan menghapus aplikasi yang berukuran besar, kamu dapat meningkatkan ruang penyimpanan dan mengoptimalkan kinerja hp kamu.

6.      Update Aplikasi Secara Berkala

Mengupdate aplikasi secara berkala dapat membantu meningkatkan performa smartphone Anda. Update aplikasi biasanya dilakukan untuk memperbaiki bug, meningkatkan keamanan, dan menambahkan fitur baru. Dengan update, aplikasi menjadi lebih stabil dan lebih cepat dalam menjalankan tugasnya.

Selain itu, update aplikasi juga dapat membantu mengoptimalkan penggunaan baterai dan memperbaiki masalah yang dapat membuat smartphone menjadi lemot atau ngelag. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu memeriksa dan melakukan update aplikasi secara berkala, terutama aplikasi yang sering digunakan.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua update aplikasi akan membawa perbaikan atau peningkatan yang signifikan. Beberapa update bahkan dapat memperburuk performa aplikasi atau membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Jadi, sebelum melakukan update, pastikan untuk membaca ulasan dan mengecek ukuran file update terlebih dahulu.

7.      Hapus Aplikasi Antivirus

Pemasangan aplikasi antivirus pada smartphone sebenarnya tidak diperlukan karena Android sudah memiliki sistem keamanan untuk melindungi dari serangan virus. Kamu bisa melihat fitur Google Play Protect di Play Store yang berfungsi untuk memindai aplikasi sebelum diinstal di smartphone.

Meskipun banyak yang menginstal aplikasi antivirus untuk mencegah serangan virus pada smartphone, namun hal tersebut justru dapat membebani RAM karena antivirus tersebut akan terus berjalan pada latar belakang. Akibatnya, smartphone bisa menjadi lemot.

Mengatasi masalah hp yang lemot dan ngelag karena antivirus bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menguninstall aplikasi antivirus tersebut. Pada kenyataannya, Android sudah memiliki sistem keamanan bawaan yang cukup untuk melindungi smartphone dari serangan virus. Bukti dari sistem keamanan bawaan ini adalah adanya Google Play Protect di Play Store, yang berfungsi untuk memindai setiap aplikasi yang akan diinstal di smartphone. Pemasangan aplikasi antivirus malah dapat membebani RAM karena antivirus tersebut terus berjalan di background. Sehingga, menguninstall aplikasi antivirus bisa membantu memperbaiki performa smartphone dan membuat ruang penyimpanan lebih lega.

Dan itulah 7 cara mengatasi Hp lemot yang sering dialami oleh mahasiswa karena ketidaktahuan. Semoga artikel ini bisa membantu kalian sampai jumpa di artikel lainnya, Sekian dan terima kasih. Mari dukung Kesuksesan belajar kalian dengan membaca artikel yang ada di situs kami dan raih kesempatan belajar dengan baik. Semoga dengan bantuan ini Kamu dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman kalian. Dapatkan artikel lainnya, hanya di cahaya ilmu sosial

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button