Opini

12 Contoh Hak Asasi Manusia dalam Kehidupan Sehari Hari

Cahaya Ilmu Sosial – kali ini kita akan membahas tentang 12 Contoh Hak Asasi Manusia dalam Kehidupan Sehari Hari.

Sebelum kita membahas terkait Contoh Hak Asasi Manusia dalam Kehidupan Sehari Hari, tentunya kita harus paham dulu apa itu Hak Asasi Manusia.

Oleh karena itu simak terus pembahasan artikel di bawah ini ya

Pengertian Hak Asasi Manusia

Hak Asasi Manusia (HAM) adalah hak yang melekat pada setiap manusia secara universal, yang diberikan secara inheren dan sama untuk setiap individu tanpa kecuali.

Hak Asasi Manusia mencakup hak-hak sipil, politik, ekonomi, sosial, dan budaya, serta kebebasan atas hidup.

Pengakuan dan perlindungan terhadap hak asasi manusia merupakan prinsip dasar dalam tata kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, hak asasi manusia merupakan tanggung jawab negara untuk memenuhi dan menjamin hak-hak warga negaranya.

Ada 12 Contoh Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Kehidupan Sehari Hari

Berikut adalah beberapa contoh Hak Asasi Manusia yang sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

Hak atas kebebasan beragama dan berkeyakinan

Yang pertama ada hak untuk memilih agama atau kepercayaan serta hak untuk beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Setiap orang memiliki haknya masing-masing dalam menentukan agama dan kepercayaan mereka sesuai dengan kehendak mereka. Sehingga tidak ada wewenang untuk mengatur tentang agama dan keyakinan mereka

Hak atas kebebasan berpendapat dan berekspresi

Berikutnya yakni hak untuk menyampaikan pendapat dan informasi tanpa takut dihukum atau dibungkam. Seseorang berhak untuk mengutarakan opini serta mengekspresikan dirinya sesuai kehendak mereka. Namun hak ini juga memberikan dampak buruk apabila tidak ada peran pemerintah dalam mengatur hal tersebut.

Hak atas kebebasan berserikat dan berkumpul

Selanjutnya adalah hak untuk membentuk dan bergabung dengan organisasi atau kelompok masyarakat. Seseorang berhak bergabung kedalam kelompok atau mendirikan organisasi sebagai bentuk mengekspresikan kesamaan baik itu nasib maupun golongan. Sehingga kebebasan ini masuk kedalam hak asasi manusia.

Hak atas kebebasan dari diskriminasi

Berikutnya ada hak untuk diperlakukan sama di depan hukum tanpa memandang latar belakang, jenis kelamin, ras, agama, atau status sosial. Setiap penduduk khususnya di Indonesia wajib memiliki kebebasan dari yang diskriminasi. Semua orang sama semua bidang baik itu kesehatan, hukum, pendidikan, dan lain sebagainya.

Hak atas pendidikan

Selain itu ada juga hak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas tanpa diskriminasi dan gratis bagi seluruh warga negara. Seperti halnya terbebas dari diskriminasi, seseorang juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak di semua lembaga pendidikan.

Hak atas kesehatan

Berikutnya adalah hak untuk mendapatkan akses dan pelayanan kesehatan yang berkualitas serta hak atas informasi kesehatan yang akurat dan jelas. Seseorang memiliki hak kesehatan yang sama karena merupakan komponen penting dan termasuk hak asasi manusia utama.

Hak atas kebebasan dari penyiksaan dan perlakuan yang tidak manusiawi

Selain yang saya jelaskan diatas. Terdapat hak untuk tidak dipaksa mengakui kesalahan atau melakukan kejahatan. Setiap orang berhak mendapatkan jaminan untuk tidak diperlakukandengan cara yang tidak manusiawi atau menyiksa. Hal ini termasuk oleh negara atau pemerintah.

Bentuk-bentuk penyiksaan dan perlakuan yang tidak manusiawi dapat berupa pemukulan, pemerkosaan, penganiayaan, pengurungan, dan lain sebagainya.

Hak atas kebebasan untuk menikah

Berikutnya dalam memilih pasangan hidup, dan membentuk keluarga tanpa ada campur tangan dari pihak lain. Pernikahan termasuk kedalam bentuk hak asasi manusia.

Hak atas perlindungan dari kekerasan dan eksploitasi

Dalam perlindungan dan eksploitasi juga menjadi hak yang penting dalam penyelenggaraan negara. Karena setiap orang berhak tidak mengalami kekerasan fisik, psikologis, atau seksual, serta hak untuk tidak menjadi korban perdagangan manusia atau eksploitasi seksual.

Hak atas pekerjaan yang layak dan kondisi kerja yang aman

Pekerjaan yang layak dan kondisi kerja yang aman adalah Hak Asasi Manusia yang sangat penting. Hak ini menjamin bahwa setiap orang memiliki hak untuk bekerja dalam lingkungan yang aman dan sehat serta menerima perlakuan yang adil dan layak di tempat kerja.

Hak atas kebebasan bergerak dan tinggal

termasuk hak untuk bepergian, tinggal, dan memilih tempat tinggal tanpa batasan yang tidak wajar. Hak kebebasan bergerak dan tinggal juga meliputi hak untuk mencari suaka di negara lain jika terjadi ancaman terhadap keselamatan, keamanan, atau hak asasi manusia. Namun, hak ini tidak berarti bahwa seseorang dapat melakukan tindakan kriminal atau melanggar hukum tanpa konsekuensi.

Hak atas perlindungan lingkungan hidup

Dan terakhir adalah hak untuk hidup di lingkungan yang bersih dan sehat serta hak untuk ikut serta dalam pengambilan keputusan terkait lingkungan hidup.

Hak perlindungan lingkungan hidup adalah hak asasi manusia yang menjamin hak setiap orang untuk hidup di lingkungan yang sehat, bersih, dan berkelanjutan. Hak ini mencakup hak untuk mendapatkan akses yang memadai terhadap air bersih, udara bersih, pangan sehat, dan lingkungan yang tidak tercemar.

Nah itulah penjelasan tentang Contoh Hak Asasi Manusia dalam Kehidupan Sehari Hari, semoga bisa membuat kalian lebih paham tentang HAM. 

Jangan lupa untuk menghormati HAM seseorang baik dalam lingkungan sosial maupun di lingkungan pendidikan.

Mari dukung Kesuksesan belajar kalian dengan membaca artikel yang ada di situs kami dan raih kesempatan belajar dengan baik. Semoga dengan bantuan ini Kamu dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman kalian. Dapatkan artikel lainnya, hanya di cahaya ilmu sosial

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button